2.823 Rumah Di 6 Desa Tanjabbar Dapat Bantuan Sumber Energi Terbarukan

0
523
jurnldesa/ilustrasifoto: ebtkeesdm (Banyak desa di Tanjabbar belum bisa menikmati aliran listrik, malam hari gelap gulita)

Jurnaldesa.id | Tanjung Jabung Barat – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib menyerahkan 2.823 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang belum terjangkau listrik, Senin (29/7/2019). Bantuan yang berasal dari pemerintah pusat itu diterimanya melalui Pemerintah Provinsi Jambi, untuk kebutuhan warga yang belum terkoneksi jaringan listrik.

Sumber energi terbarukan yang berasal dari tenaga surya itu diperuntukan bagi 6 desa yang berada di 3 kecamatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masing-masing desa yang mendapat pasokan lisrik hemat energi itu antara lain, di Kecamatan Senyerang 2 desa (Desa Marga Rukun 835 unit dan Desa Kempas Jaya 777 unit). Di Kecamatan Pengabuan 3 desa (Desa Sungai Jering 320 unit, Desa Parit Sidang 385 unit, Desa Raya 363 unit). Sedangkan di Kecamatan Seberang Kota hanya 1 desa, yaitu Desa Kuala Baru 143 unit.

Amir Sakib dalam penyerahan LTSHE di gedung Serba Guna, mengatakan “Tanjung Jabung Barat terdiri 13 kecamatan dan 134 desa dan kelurahan, merupakan Kabupaten dengan rasio elektrifikasi paling rendah di Provinsi Jambi. Sampai 2018 rasio itu hanya 72,17%, masih terdapat 31 desa yang belum dapat menikmati layanan listrik PLN karena kondisi geografis,” terangnya.

Dalam keterangannya pada tanjabbarkab.go.id, Amir menuturkan, “banyak desa di Tanjabbar belum bisa menikmati listrik, malam hari gelap gulita. Ini merupakan langkah awal pemerintah bagi desa yang mendapat pendistribusian agar dapat memanfaatkan listrik dengan baik dan hemat. Khususnya dapat digunakan untuk penerangan rumah tangga yang mampu membawa perubahan sosial dan kondisi ekonomi desa termasuk perubahan pola tingkah laku dan pola interaksi,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jambi, Harry Adria, menyebutkan “dua tahun terakhir ini Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan penerima bantuan LTSHE terbesar. Karena rasio elektrifikasi Tanjabbar masih dibawah 90%, dan menjadi prioritas Pemprov Jambi untuk meningkatkan rasio tersebut. Tahun 2018 lalu Tanjung Jabung Barat menerima bantuan LTSHE sebesar 517 unit. Untuk tahun 2019, dari 4.406 LTHSE yang disiapkan Provinsi Jambi, 2.823 unit dialokasikan untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ungkapnya.

Pewarta: Darmanto SM.
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here