Angin Puting Beliung di Kecamatan Sungai Mas Merusak 28 Rumah

0
363
jurnaldesa/foto:pemkabacehbesar (Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat mengunjungi warga korban angin kencang, Minggu, 18/8/2019)

Jurnaldesa.id | Aceh Barat– Bencana alam berupa angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat, Minggu (18/8/2019). Angin kencang mengakibatkan 28 rumah warga di dua desa tersebut mengalami rusak parah, namun tidak terdapat korban jiwa.

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS yang mendengar peristiwa tersebut langsung mengunjungi lokasi kejadian dan meninjau warganya. Bupati juga segera memerintahkan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat untuk segera memberikan bantuan kepada para Korban.

“Tenang, sabar, terpenting tidak ada korban jiwa,” ucap Bupati sambil mengelus pundak korban puting beliung.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Dr. Mukhtaruddin, M.Si langsung menyalurkan logistik berupa makanan dan perlengkapan tidur pada Minggu (18/8/2019) malam. Bantuan tersebut diterima oleh Camat Sungai Mas, Husensah, di Kantor Kecamatan.

“Semoga Bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana angin kencang ini,” ujar Mukhtaruddin.

Kerusakan rumah warga akibat angin puting beliung berjumlah 12 rumah di Desa Sara Perlak dan 16 rumah di Desa Geudong. Selain rumah rusak beberapa pohon ikut tumbang dan aliran listrik mengalami pemadaman untuk sementara waktu. Dalam video amatir yang direkam usai kejadian, atap rumah dibawa angin kencang sekitar 10 meter dari rumah. Ada pula rumah yang tertimpa pohon pinang. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Warga yang rumahnya tidak bisa ditempati karena tak lagi beratap untuk sementara waktu akan mengungsi ke rumah sanak saudaranya di desa tersebut.

Pewarta: Yudi AS.
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here