Nasional

Aras Berbagi Trik Cara Edge Mountain Survive Dimasa Pandemi

Jurnaldesa.id | Jakarta – Bagi pelaku UMKM untuk bisa survive atau bertahan dimasa pandemi merupakan keistimewaan tersendiri. Tentunya pada prosesnya memang tak semudah membalikkan telapak tangan, dengan minimnya pilihan hidup yang ditempuh para pelaku UMKM membuat dirinya teruji oleh keadaan.

“Kenapa memilih usaha peralatan outdoor adalah karena saya pengetahuannya dibidang petualangan atau adventure. Berdasarkan latar belakang itulah, sedikit banyak menumbuhkan kebutuhan masyarakat untuk kegiatan petualangan yang kemudian menjadi konsumen dari peralatan outdoor. Saat ini memiliki beberapa cabang outlet seperti di Bekasi dan Jakarta, ada sekitar 6 outlet,” kisah Aras Anggoro, pelaku UMKM dan pemilik Toko Outdoor Adventure, Edge Mountain.

Ia bercerita, berawal dari kegiatan pendakian gunung dan petualangan, niatnya adalah membantu para penggiat alam untuk mempermudah mendapatkan peralatan outdoor adventure yang modern. Adapun peralatannya beberapa diantaranya di produksi sendiri dan ada item yang bersifat distribusi. Di masa pandemi ini sangat berpengaruh terhadap penjualan, terutama karena pembeli sepi dan tak ada yang keluar rumah.

“Strategi bisa survive di masa pandemi adalah menggunakan marketplace secara online. Kemudian item yang ada di outlet dilengkapi, jadi setiap ada pelanggan yang datang, produk yang mereka cari ada di toko. Karena sekarang sudah banyak toko sejenis jadi kita harus memiliki kelengkapan keragaman item. Ketika saya memutuskan untuk membuka toko, saya berusaha untuk fokus dan konsisten dibidang outdoor adventure ini,” ujar Aras Anggoro.

Ia menuturkan, modal awal saya membangun toko adalah bermodalkan networking atau jaringan serta teman yang memiliki rumah produksi peralatan outdoor adventure. Jadi kalau dikalkulasi secara keuangan, jujur saja saya sama sekali tak mengeluarkan biaya. Dengan didukung persahabatan dan pertemanan yang dijaga dengan baik, saya mendapatkan produk – produk item dengan cara konsinyasi. Diberi nama Edge Mountain dilatarbelakangi dengan logo cicak dan gunung yang melambangkan kemakmuran. Kalau ingin memiliki toko outdoor adventure yang sama seperti saya harus mencintai pekerjaan ini, jangan terlalu berfokus pada modal, jalani saja dulu dan dengan sendirinya hal lainnya akan mengikuti.

Untuk ulasan lebih lengkapnya dapat disaksikan di tayangan video berikut :

Aras Berbagi Trik Cara Edge Mountain Survive Dimasa Pandemi

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sorotan Publik

To Top