Menu

Mode Gelap
Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)? Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes? Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal Profil Desa Paling Sangat Tertinggal di Indonesia

Dana Desa · 19 Jul 2019 09:00 WIB ·

Arung Jeram, Satu Unit Bisnis Bumdes Buluh Duri Mandiri

jurnaldesa/foto:absi serdang bedagai (Tim Penilai saat di BUMDesa Buluh Duri Mandiri)

Jurnaldesa.id | Serdang Bedagai – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara sedang melaksanakan agenda Lomba BUMDesa Terbaik 2019 tingkat Provinsi. Ajang tersebut menjadi momentum bagi BUMDesa yang mewakili Kabupatennya untuk tampil menjadi yang terbaik.

Bertempat di kantor Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, tim penilai Lomba BUMDesa Terbaik berkunjung ke BUMDesa Buluh Duri Mandiri, pada Kamis (18/7). Tim penilai yang terdiri dari Dinas PMD Provinsi Drs. Candra Silalahi M.Si dan Prof. Dr. Hamdani Harahap dari unsur akademisi Universitas Sumatera Utara, meminta kepada pengurus BUMDesa Buluh Duri Mandiri agar senantiasa menguatkan dan meningkatkan asas transparansi dalam pengelolaan BUMDesa.

Pada sebelumnya, Sabtu (13/7), BUMDesa Buluh Duri Mandiri mendapat bantuan transportasi angkutan micro bus dari Kemendesa PDTT yang diserahkan oleh Bupati Serdang Bedagai H. Soekirman kepada Direktur BUMDesa Budiman. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk mendukung operasional BUMDesa Buluh Duri Mandiri dalam mengelola unit usahanya dibidang pengadaan air bersih dan wisata alam arung jeram.

Unit usaha wisata alam arung jeram yang dilakoni BUMDesa Buluh Duri Mandiri terbilang tidak banyak dilakukan oleh BUMDesa lainnya. Tim penilai dalam kesempatan kunjungan itu berharap, “agar ketersediaan home stay dan sarana teknologi digital dalam mempromosikan usahanya dapat ditingkatkan, karena diharapkan bukan hanya untuk menjangkau wisatawan lokal namun juga internasional.”

Dalam kesempatan itu Direktur BUMDesa Buluh Duri Mandiri mengatakan, “perhatian utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke wisata alam arung jeram BUMDesa kami, adalah safety guard. Kami telah memiliki pemandu arung jeram yang telah mengantongi sertifikasi nasional. Beberapa pemandu bahkan tercatat sebagai atlit PON yang telah menjuarai berbagai event nasional maupun internasional,” ungkap Budiman.

Pewarta: Djali Achmad
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal

20 Juli 2022 - 05:35 WIB

Desa Sungai Buluh

KPK: 468,9 Triliun Dana Desa Telah Dikucurkan, Kemiskinan di Desa Sangat Tinggi Masih di Angka 14,46 Juta

8 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dana Desa

KPK Luncurkan Percontohan Desa Anti Korupsi

8 Juni 2022 - 10:45 WIB

KPK

Memahami Dengan Mudah Konsep Dasar Dana Desa

1 Juni 2022 - 08:00 WIB

Dana Desa

Gus Halim Cek Kabel Fiber Optik Milik BUM Desa Bolali Maju Yang Disoal PT KAI

20 Mei 2022 - 08:00 WIB

GUM Desa, Gus Halim

BUM Desa Bolali Maju Diminta 30 Juta/Tahun, Gus Halim Bergerak Cepat Kunjungi KAI

19 Mei 2022 - 08:00 WIB

BUM Desa
Trending di Dana Desa