Menu

Mode Gelap

Artikel · 5 Feb 2022 10:00 WIB ·

Bagaimana Aspek “Pendidikan” Pada Indeks Ketahanan Sosial di Desa Anda? (IDM Part 3)


Bagaimana Aspek “Pendidikan” Pada Indeks Ketahanan Sosial di Desa Anda? (IDM Part 3) Perbesar

JURNALDESA – Pada Indeks Desa Membangun (IDM) Part 3 ini akan disampaian Indeks Ketahanan Sosial (IKS) dalam hal Dimensi “Pendidikan”. Mungkin saja di desa Anda cukup memenuhi standar indikator seperti uraian dibawah ini.

Menurut Permendes Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Indeks Desa Membangun, Dimensi Pendidikan terdiri dari 3 aspek. (1) Tentang Akses ke Pendidikan Dasar dan Menengah, (2) Tentang Akses ke Pendidikan Non Formal, (3) Tentang Akses ke Sarana Pengetahuan. Berikut ini penjelasan ringkas tentang aspek dan indikator tersebut.

Indikator Akses ke Pendidikan Dasar dan Menengah
1. Jika di desa Anda tidak terdapat sekolah SD/MI, maka sekolah SD/MI terdekat atau di wilayah lain minimal harus berjarak 3 km dan maksimal berjarak 10 km dari desa Anda. Jarak minimal akan menghasilkan nilai yang maksimal yaitu skor 5.

2. Jika di desa Anda tidak terdapat sekolah SMP/MTS, maka sekolah SMP/MTS terdekat atau di wilayah lain minimal harus berjarak 6 km dan maksimal berjarak 12 km dari desa Anda. Jarak minimal akan menghasilkan nilai yang maksimal yaitu skor 5.

3. Jika di desa Anda tidak terdapat sekolah SMU/SMK, maka sekolah SMU/SMK terdekat atau di wilayah lain minimal harus berjarak 6 km dan maksimal berjarak 12 km dari desa Anda. Jarak minimal akan menghasilkan nilai yang maksimal yaitu skor 5.

Indikator Akses ke Pendidikan Non Formal
1. Apabila di desa Anda terdapat kegiatan dan sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sedikitnya 1 pos PAUD, itu sudah cukup menghasilkan skor maksimal 5 point.

2. Apabila di desa Anda terdapat kegiatan dan sarana Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)/Paket ABC sedikitnya 1 pos PKBM/Paket ABC, itu pun sudah menghasilkan skor maksimal 5 point.

3. Apabila di desa Anda terdapat Pusat Kursus atau Pusat Pelatihan Ketrampilan sedikitnya 1 Pusat Kursus, hal itu juga sudah menghasilkan skor maksimal 5 point.

4. Apabila di desa Anda terdapat kegiatan Pemberantasan Buta Aksara maka skor maksimal 5 point juga akan desa Anda raih.

Indikator Akses ke Sarana Pengetahuan
Perangkat indikator yang terakhir dalam Dimensi Pendidikan adalah tentang ketersediaan fasilitas perpustakaan desa atau taman bacaan masyarakat. JIka di desa Anda tersedia fasilitas ini maka skor maksimal akan didapat oleh desa Anda.

Bagaimana Dimensi Pendidikan di desa Anda? Jika situasi dan kondisi desa Anda memiliki kecenderungan terhadap skor maksimal seperti uraian di atas, selamat ya, itu berarti desa Anda sungguh Ramah Pendidikan.

Penulis: Achmad S.
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 404 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal

19 November 2023 - 10:02 WIB

Desa Terdepan

Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal

18 November 2023 - 10:29 WIB

Desa Terdepan

Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal

17 November 2023 - 09:16 WIB

Desa Terdepan

Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

16 November 2023 - 10:18 WIB

Desa Terdepan

Pa’ Loo, Satu-satunya Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Dengan Malaysia

15 November 2023 - 10:27 WIB

Desa Terdepan

Status IDM Pada 3 Desa Perbatasan Kecamatan Krayan Timur Dengan Malaysia

14 November 2023 - 16:23 WIB

Desa Terdepan
Trending di Artikel