Menu

Mode Gelap
Akhirnya Bali Muncul Sebagai Satu-satunya Provinsi Mandiri 355 Desa Sangat Tertinggal di Kabupaten Tolikara Perlu Mendapat Perhatian 43 Dari 46 Distrik di Kabupaten Tolikara Masih Berstatus Sangat Tertinggal 1,5 Triliun Guna Tolikara Yang Lebih Baik di 2022 Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

Artikel · 22 Jul 2022 19:32 WIB ·

Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten


 Laman Hasil Rekomendasi IDM 2021 Desa Cikadongdong, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Tangkapan Layar Website Kemendes PDTT) Perbesar

Laman Hasil Rekomendasi IDM 2021 Desa Cikadongdong, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Tangkapan Layar Website Kemendes PDTT)

JURNALDESA – Berawal ketika redaksi Jurnaldesa bermaksud menyusun artikel bertemakan perkembangan skor IDM Desa Cikadongdong yang berada di Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Banten.

Tim redaksi Jurnaldesa memilih mengupas tema itu karena saat menilai dinamika IDM pada Desa Cikadongdong melalui website https://idm.kemendesa.go.id/rekomendasi, terdapat hal yang menurut redaksi Jurnaldesa perlu mendapat perhatikan kita bersama.

Hal tersebut ialah penurunan status IDM yang dialami Desa Cikadongdong dari predikat sebagai Desa Tertinggal menjadi Desa Sangat Tertinggal. Sebuah situasi yang cukup mengherankan, yang seharusnya grafiknya naik mengapa justru ini menurun.

Penurunan itu terjadi antara tahun 2020 sampai 2021 yang saat itu berpredikat sebagai Desa Tertinggal. Lalu di tahun 2022 ini Desa Cikadongdong turun kelas menjadi Desa Sangat Tertinggal.

Namun rencana penulisan itu diurungkan. Sebab redaksi Jurnaldesa menemukan dua kejanggalan data yang terdapat di situs Kemendes PDTT tersebut. Yang akhirnya tim redaksi memutuskan untuk menulis feature mengenai kejanggalan itu.

Awal Mula Kejanggalan

Baru saja merampungkan sepertiga materi tulisan Desa Cikadongdong, tim redaksi Jurnaldesa menemukan perbedaan data. Sebelumnya tim redaksi sempat menulis berita mengenai Desa Sangat Tertinggal yang ada di Banten.

Berita itu bisa dilihat di link berikut ini Banten Masih Menyimpan Desa Sangat Tertinggal. Berita yang dirilis pada tanggal 12 Februari 2022 pukul 08.00 WIB itu memuat daftar desa-desa Sangat Tertinggal yang terdapat di Provinsi Banten.

Sumber data IDM 2021 yang diperoleh Jurnaldesa berasal dari Ditjen PDP melalui situs Kemendes PDTT. Data itu menyebutkan bahwa Desa Cikadongdong masuk dalam daftar Desa Sangat Tertinggal yang ada di Banten.

Lima bulan berlalu, yaitu Juli 2022, ketika redaksi Jurnaldesa kembali membuka situs yang sama dengan mengarahkan kursor mouse ke Desa Cikadongdong, data itu ternyata menjadi berbeda (berubah).

Hingga tulisan ini masih tahap proses, 22 Juli 2022 pukul 16.00-18.30, status IDM Desa Cikadongdong pada tahun 2020 dan 2021 (sudah) sebagai Desa Tertinggal. Dan tahun 2022 sebagai Desa Sangat Tertinggal.

Untuk memastikan data itu, redaksi Jurnaldesa kembali membuka file PDF tentang E-Book Peringkat IDM Tahun 2021 di komputer redaksi yang sempat di download dari situs Kemendes PDTT beberapa bulan lalu.

IDM 2021

E-Book Peringkat IDM 2021 yang diunggah langsung dari website resmi Kemendes PDTT. Cek lis warna merah menunjukan status Desa Cikadongdong, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Tangkapan Layar Website Kemendes PDTT)

Setelah di cek berulang kali terhadap dokumen PDF itu tetap menunjukan bahwa Desa Cikadongdong, Kecamatan Cigemblong, Lebak, merupakan Desa Sangat Tertinggal dengan nilai IDM 0,4846, dan memiliki peringkat IDM berada di posisi ke 69,690 dari 74,957 desa.

Namun, untuk lebih memastikan lagi tim redaksi Jurnaldesa mencoba membuka dokumen PDF E-Book Peringkat IDM Tahun 2021 yang langsung terdapat pada website Kemendes PDTT dengan cara mengunggahnya langsung.

Dan ternyata hasilnya sama dengan yang pernah di download lima bulan lalu. Namun mengapa di Beranda laman IDM, bukan di E-Book, data Desa Cikadongdong berbeda? Padahal masih dalam laman website yang sama.

Jika perubahan data itu berasal dari sebuah pemutakhiran yang baru saja diolah, itu merupakan hal yang wajar karena masih proses pembaruan data dari tahun yang sedang berlangsung, yaitu tahun 2022 ini.

Namun jika data itu sudah lampau (2021) dan proses pengolahannya sudah rampung, lalu di fase yang berbeda (2022) fase yang bukan lagi waktunya untuk mengolah data tersebut dilakukan, hingga akhirnya terjadi perbedaan data dengan masa sebelumnya, tentu hal ini mengakibatkan distorsi bagi pihak-pihak yang banyak merujuk data itu.

Itu baru 1 desa dari 74 ribuan desa yang terdapat di Indonesia yang tim redaksi Jurnaldesa temui. Bahkan sebelumnya, redaksi Jurnaldesa sempat juga menemukan hal serupa yang terjadi pada Desa Nawipauwo.

Desa yang berada di Provinsi Papua itu di tahun 2021 memiliki 2 nilai IDM yang berbeda di tahun yang sama dari dua perangkat fitur yang terdapat pada website Kemendes PDTT. Berita Desa Nawipauwo yang telah kami post itu dapat dilihat pada link berikut ini Di 2021 Desa Nawipauwo Papua Memiliki 2 IDM Berbeda.

IDM 2021

E-Book Peringkat IDM 2021 tampilan PDF yang didownload dari website resmi Kemendes PDTT. Cek lis warna merah menunjukan status Desa Cikadongdong, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: Tangkapan Layar Website Kemendes PDTT)

Jika pihak luar Kemendes PDTT kerap menemukan data-data yang telah diolah itu masih terdapat yang tidak konsisten proyeksinya, bukan tidak mungkin hal yang sama masih banyak terdapat data IDM yang perlu dikoreksi.

Terlebih data itu menyangkut desa yang jumlahnya puluhan ribu desa. Dan korelasi data itu sebagai rujukan bagi pemerintah desa, kabupaten hingga pusat dalam menyusun rencana pembangunan di masing-masing desa.

Untuk itu redaksi Jurnaldesa siap membantu jika diberi ruang. Namun minimal redaksi Jurnaldesa akan menyampaikannya melalui artikel maupun tulisan-tulisan feature tentang data-data desa yang telah diolah maupun perkembangannya jika terdapat yang perlu dikoreksi.

Penulis: Achmad S.
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Akhirnya Bali Muncul Sebagai Satu-satunya Provinsi Mandiri

8 September 2022 - 20:53 WIB

Bali

355 Desa Sangat Tertinggal di Kabupaten Tolikara Perlu Mendapat Perhatian

3 September 2022 - 23:58 WIB

Kabupaten Tolikara

43 Dari 46 Distrik di Kabupaten Tolikara Masih Berstatus Sangat Tertinggal

2 September 2022 - 16:58 WIB

Kabupaten Tolikara

Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

25 Juli 2022 - 13:37 WIB

Desa Peliatan

Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes?

21 Juli 2022 - 17:43 WIB

Baksos Korem 132/Tadaluko

Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal

20 Juli 2022 - 05:35 WIB

Desa Sungai Buluh
Trending di Dana Desa