Bupati Aceh Tengah Gelontorkan 2 Milyar Untuk Perekonomian 2 Kampong di Wilayahnya

0
187
jurnaldesa/Foto:Baharudin (Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, saat serah terima bantuan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Aceh Tengah kepada masyarakat)

Jurnaldesa.id | Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, Rabu (24/02/2022) meresmikan kegiatan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) dan sekaligus melakukan serah terima bantuan yang telah di bangun melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Aceh Tengah, kepada masyarakat.

Serah terima bantuan yang menggunakan anggaran sebesar 2 milyar tersebut berupa rumah produksi serta galeri Kopi dan Kerawang Gayo untuk Kampong Takengon Timur Kecamatan Lut Tawar dan pembangunan infrastruktur lingkungan di Kampong Kala Kemili Kecamatan Bebesan Kabupaten Aceh Tengah.

Alokasi dana sebesar 1 milyar untuk Kampung Kala Kemili mencakup kegiatan pembangunan jalan lingkungan, drainase, box culvert, prasarana air bersih dan bak sampah. Kegiatan ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 70 orang.

jurnaldesa/Foto:Baharudin (Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, saat meresmikan kegiatan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat)

Sedangkan 1 milyarnya lagi untuk pembangunan Rumah Produksi dan Galeri Kopi dan Kerawang Gayo. Tujuannya untuk peningkatan penghidupan masyarakat berbasis komunitas serta menambah pendapatan kelompok usaha masyarakat yang berdampak pada pencegahan permukiman kumuh. Kegiatan rumah produksi ini menyerap tenaga kerja sebanyak 51 orang.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Tengah mengatakan, “Semoga pembangunan infrastruktur ini dapat kita jaga bersama baik dalam pemeliharaannya maupun optimalisasi perawatan infrastruktur yang telah dibangun. Sehingga penanganan kawasan kumuh di Kabupaten Aceh Tengah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh pusat maupun daerah. Dan juga mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan berkelanjutan,” harap Bupati.

Sementara itu Koordinator Kota Program KOTAKU untuk wilayah Aceh Tengah, T. Masren, mengatakan bahwa aset yang telah dibangun oleh Program KOTAKU bisa di optimalkan untuk peningkatan kualitas pendapatan masyarakat di masa pandemi ini secara berkelanjutan.

jurnaldesa/Foto:Baharudin (Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, saat kunjungan ke Kampong Takengon Timur dan Kampong Kala Kemili di Kabupaten Aceh Tengah)

Dalam kegiatan peresmian tersebut, juga di hadiri oleh Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Aceh, Team Leader KOTAKU Provinsi Aceh, dan Konsultan Manajemen Provinsi. Termasuk juga sejumlah masyarakat dari Kampong Kala Kemili dan Kampung Renggali sebagai kampung dampingan Program KOTAKU dan jajaran pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat dari masing masing kampung, serta sejumlah masyarakat dan undangan lainnya.

Penulis: Baharudin
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here