Dinamika Musrembang Kecamatan Lakudo Tentang Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Katembe

0
510
jurnaldesa/foto.Travelingyuk.com (Dinamika Musrembang Kecamatan Lakudo Tentang Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Katembe)

Jurnaldesa.id | Buton Tengah – Lokasi wisata Pantai Katembe terletak di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pengunjung yang datang ke destinasi yang memiliki sumur air tawar ditepian pantainya tidak hanya berasal dari sekitar Buton Tengah dan Sulawesi Tenggara saja, namun wisatawan dari luar Sulawesi bahkan turis asing pun kerap berkunjung.

“Sebenarnya Pantai Katembe bukan hanya terkenal di Indonesia saja. Itu sudah dikenal hingga manca negara. Sewaktu belum pemekaran menjadi Kabupaten Buton Tengah, Pantai Katembe merupakan salah satu wisata unggulan Kabupaten Buton,” jelas perwakilan BAPPEDA Kabupaten Buton Tengah saat Musrembang Kecamatan Lakudo.

Seperti dilansir dari Tim Kabar Desa Madongka, pada Selasa (18/2) berlangsung Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat Kecamatan di Kecamatan Lakudo. Satu tema yang menarik diperbincangkan oleh peserta Musrembang adalah mengenai pengembangan destinasi wisata Pantai Katembe. Bahkan wacana tersebut sebelumnya sempat hangat diperbincangkan di tingkatan Kabupaten Buton Tengah.

Hal itu kembali mencuat dalam forum Musrembang Kecamatan Lakudo berlangsung, dengan kehadiran perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Musyawarah menghangat antara Dinas Pariwisata Kabupaten Buteng, BAPPEDA Kabupaten Buteng, Camat Lakudo, hingga Kepada Desa Madongka yang baru terpilih.

Dalam forum itu Perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Buteng menyampaikan program dan kegiatan yang terdapat di Dinasnya untuk Kecamatan Lakudo pada tahun 2020 dan 2021. Program itu antara lain, “pada Bidang Pengembangan destinasi kegiatannya pengembangan daya tarik wisata unggulan, pengadaan sarana dan prasarana daya tarik wisata, kampanye sadar wisata dari aksi sapta persona, kemudian pemiliharaan sarana dan prasarana daya tarik wisata,” jelasnya.

Menanggapi hal itu Camat Lakudo mengatakan, “terkait pariwisata di Kecamatan Lakudo terutama Pantai Katembe, tidak perlu kita cerita banyak karena belum ada ceritanya wisata-wisata di Kabupaten Buton Tengah ini, tapi Pantai Katembe sudah terkenal sejak lama”. Pihak Kecamatan justru mengarahkan persoalan itu untuk ditangani oleh Pemerintah Desa Madongka yang baru saja terpilih.

“Kepala Desa Madongka terpilih sudah berkomitmen dalam visi misinya tentang penataan wisata Pantai Katembe. Nanti duduk bersama tokoh-tokoh membicarakan masalah Pantai Katembe,” ujar Camat Lakudo. Hal senada diutarakan perwakilan BAPPEDA Buteng, “jika ingin mengembangkan Pantai Katembe oleh pemerintah desa tidak masalah itu malah lebih bagus, nanti kan PAD nya kembali ke desa. Kalau mau diserahkan ke Pemerintah Daerah harus jelas penyerahan totalitasnya seperti apa”.

Sedangkan dilain pihak Kepala Desa Madongka, Haryanto, S.Sos., seakan mendapat dukungan dari berbagai pihak, mengatakan, “kami selaku Pemerintah Desa Madongka yang baru sangat senang dengan dukungan yang diterima. Memang itu visi misi kami untuk mengembangkan Pantai Katembe dengan menggunakan dana desa agar lebih menarik dan nyaman bagi para wisatawan.”

Pewarta: Parlin S.
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here