Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Dinamika · 27 Mei 2022 10:52 WIB ·

Festival Tumet Leut Masyarakat Dayak Ma’anyan Mendapat Apresiasi Warga


 (Foto: InfoPublik) Perbesar

(Foto: InfoPublik)

JURNALDESA.ID | Budaya leluhur yang bernilai tinggi merupakan warisan para orang tua terdahulu sekaligus menjadi tanggung jawab bagi generasi penerus untuk dapat dilestarikan. Demikian juga dengan budaya Tumet Leut yang ada pada masyarakat Dayak Ma’anyan.

Tumet Leut sendiri adalah sebuah budaya bernyanyi atau bertutur yang menggunakan bahasa Pangunraun (bahasa asli/asal Ma’anyan) yang biasa dipakai pada acara pemenuhan hukum adat, kematian atau lain-lain. Tumet Leut merupakan penyampaian petuah-petuah bijak yang mengandung nilai-nilai humanistik.

Saat ini hanya generasi tua atau orang-orang tertentu yang bisa melantunkan Tumet leut. Untuk itu Festival Tumet Leut yang baru saja digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur yang didukung Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, banyak mendapat apresiasi warga masyarakat.

“Saya terharu sekaligus bangga, melihat anak-anak muda yang cukup banyak mengikuti Festival Tumet Leut. Ini artinya mereka punya kepedulian terhadap budaya peninggalan leluhur,” tutur Martan, seorang warga Tamiang Layang yang menyaksikan gelaran lomba tersebut.

Senada dengan Martan, Lipus, warga lanjut usia yang mengaku dulu sering mengamati perkembangan seni dan budaya Ma’anyan di kalangan generasi muda, mengaku lega sekali, bahwa peninggalan seni dan budaya warisan leluhur tetap dilestarikan oleh generasi sekarang.

“Artinya, kita boleh bernafas lega, tidak terancam kepunahan. masih banyak yang berminat. Semoga kedepan pihak dinas bisa menyelenggarakannya lagi, Dengan demikian setidaknya bakat dan minat anak-anak jaman sekarang di bidang Tumet Leut tetap terasah, syukur-syukur bertambah,” harapnya, pada Kamis (26/5/2022).

Pewarta: FEB
Sumber: InfoPublik

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 96 kali

Baca Lainnya

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA

BMKG Tingkatkan Literasi Iklim Petani Kopi

20 Maret 2023 - 15:04 WIB

BMKG

Warga Pedukuhan Gunung Cilik, Bantul, Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

14 Maret 2023 - 18:32 WIB

BCA
Trending di Dinamika