Hadirnya Bumdes, Jawaban atas Permasalahan di Desa

0
478
jurnaldesa/ilustrasifoto:istimewa (Hadirnya BUM Desa, Jawaban atas Permasalahan di Desa)

Jurnaldesa.id | Jakarta – RPJMN 2015–2019 yang memuat Nawacita yang salah satu isinya berbunyi “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan”, seakan menjadi harapan baru bagi masyarakat desa untuk turut membangun kondisi wilayahnya menjadi lebih baik.

Berdasarkan hal tersebut tahun 2017 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mempunyai salah satu program prioritas Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di samping 3 program lainnya, yakni One Village One Product (Satu Desa Satu Produk), Embung Desa, dan Sarana Olahraga. Melalui BUM Desa, masyarakat desa didorong untuk mengelola ekonomi secara otonom. Kehadiran BUM Desa harus mampu menampung, mengkonsolidasi, dan mewadahi kegiatan usaha ekonomi desa.

Desa saat ini memiliki berbagai permasalahan ekonomi yang cukup pelik. Diantaranya seperti rendahnya penguasaan lahan dan skala usaha yang relatif kecil bahkan cenderung subsisten, akses pendanaan yang terbatas dan cenderung berpola ‘ijon’, kurang memiliki akses pasar dan nilai tawar yang rendah, kurang memiliki  pengetahuan mengenai cara produksi yang baik, sarana dan prasarana belum mendukung input produksi, proses produksi, dan pasca produksi.

Hadirnya BUM Desa dalam hal ini menjadi jawaban atas permasalahan-permasalahan tersebut, yang diharapkan mampu menjadi motor penggerak ekonomi desa. Program BUM Desa sendiri merupakan amanat dari Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Seperti disebutkan (Pasal 87) bahwa: 1) Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUM Desa; 2) BUM Desa dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan, dan 3) BUM Desa dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi dan/ atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Pewarta: Darmanto SM.
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here