Menu

Mode Gelap

Artikel · 5 Feb 2022 09:00 WIB ·

Indeks Ketahanan Sosial Berupa “Modal Sosial” di Desa Anda Seperti Apa? (IDM Part 2)


Indeks Ketahanan Sosial Berupa “Modal Sosial” di Desa Anda Seperti Apa? (IDM Part 2) Perbesar

JURNALDESA – Jika sebelumnya telah disampaikan mengenai Indeks Ketahanan Sosial (IKS) dalam Dimensi Kesehatan, berikut ini disampaikan IKS dalam Dimensi “Modal Sosial”. Apakah di desa Anda cukup memenuhi indikator di bawah ini, berikut indikatornya.

Dimensi Modal Sosial memiliki 4 aspek. (1) Tentang Solidaritas Sosial, (2) Tentang Toleransi, (3) Tentang Rasa Aman Penduduk, (4) Tentang Kesejahteraan Sosial.

Indikator Solidaritas Sosial
1. Apakah di desa Anda memiliki kebiasaan bergotong royong, jika iya dan itu dilakukan sedikitnya sebulan sekali maka indikator itu cukup baik sebab memiliki skor maksimal.

2. Lalu tentang Ruang Publik. Jika di desa Anda memiliki sedikitnya 1 ruang publik maka indikator itu pun cukup baik sebab memiliki skor maksimal.

3. Selanjutnya mengenai Kelompok Kegiatan Olahraga. Apabila di desa Anda terdapat 1 kelompok kegiatan olahraga itu sudah cukup memiliki skor, namun nilainya kecil. Sedangkan skor maksimal akan desa Anda peroleh jika terdapat sedikitnya 7 kelompok kegiatan olahraga.

4. Masih terkait dengan poin ketiga. Jika kelompok kegiatan olahraga di desa Anda hanya memiliki 1 kegiatan (rutin) maka skor yang didapat adalah skor terkecil. Sebaliknya, jika sedikitnya memiliki hingga 7 kegiatan (rutin) maka skor yang didapat akan maksimal.

Indikator Toleransi
Indikator pada poin ini terbilang cukup unik. Sebab keragaman menjadi penilaian maksimal, artinya makin beragam nilai toleransi di desa Anda maka semakin maksimal skor yang di dapat.
1. Jika di desa Anda sedikitnya terdiri dari 2 suku atau etnis, maka skor maksimal akan desa Anda peroleh.

2. Begitu juga dengan keseharian bahasa yang terdapat di desa Anda. Jika sedikitnya terdapat 2 penggunaan bahasa berbeda, maka skor maksimal akan desa Anda dapatkan.

3. Dalam hal kepercayaan atau kehidupan beragama pun demikian. Jika di desa Anda sedikitnya terdapat 2 jenis agama yang berbeda, maka skor maksimal pun akan diraih.

Indikator Keamanan Penduduk
1. Jika desa Anda memiliki sedikitnya 1 Pos Keamanan di desa, itu sudah cukup menghasilkan skor maksimal.

2. Partisipasi warga dalam menjalankan Sistem Keamanan Lingkungan (siskamling) di desa Anda menjadi ukuran utama, sebab memiliki skor maksimal.

3. Selanjutnya mengenai tingkat kriminalitas di desa Anda. Apabila angka kriminalitas di desa Anda nihil atau 0, maka desa Anda berhak memperoleh skor maksimal.

4. Terakhir tentang Konflik. Jika di desa Anda nihil konflik atau tidak pernah terjadi konflik sama sekali, skor maksimal juga akan desa Anda raih.

Indikator Kesejahteraan Sosial
1. Jika di desa Anda terdapat Penyandang Kebutuhan Khusus dan desa Anda memfasilitasinya dengan sebuah Sekolah Luar Biasa, skor maksimal bagi desa Anda jelas akan didapat.

2. Jika di desa Anda terdapat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti anak jalanan, anak terlantar, korban kekerasan, lanjut usia, pekerja migran, dan lainnya, dan desa Anda memberi perhatian khusus terhadapnya maka skor maksimal tambahan akan desa Anda dapatkan.

3. Terakhir tentang kejadian bunuh diri. Jika di desa Anda nihil dari peristiwa bunuh diri maka skor maksimal pun akan desa Anda raih.

Nah, bagaimana Ketahanan Sosial berupa “Modal Sosial” di desa Anda? Apakah memiliki kecenderungan terhadap skor maksimal. Semoga ya.

Penulis: Achmad S.
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 367 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal

19 November 2023 - 10:02 WIB

Desa Terdepan

Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal

18 November 2023 - 10:29 WIB

Desa Terdepan

Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal

17 November 2023 - 09:16 WIB

Desa Terdepan

Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

16 November 2023 - 10:18 WIB

Desa Terdepan

Pa’ Loo, Satu-satunya Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Dengan Malaysia

15 November 2023 - 10:27 WIB

Desa Terdepan

Status IDM Pada 3 Desa Perbatasan Kecamatan Krayan Timur Dengan Malaysia

14 November 2023 - 16:23 WIB

Desa Terdepan
Trending di Artikel