Inspirasi Usaha Dimasa Pandemi

0
7

Jurnaldesa.id | Jakarta – Pandemi Covid 19 sedikit banyak meninggalkan kisah pilu bagi masyarakat Indonesia. Kehilangan orang yang disayang, dihormati dan dikagumi menjadi torehan kisah yang tak terlupakan. Sebagai sebuah fenomena kehidupan, Pandemi Covid 19 memberi hikmah atas pentingnya kebersihan dan kesehatan, juga disisi lain betapa mengagumkannya sosok yang berusaha untuk bertahan bahkan bangkit di tengah Pandemi ini.

Sebagai sebuah inspirasi usaha kegiatan UMKM memiliki pasang surutnya juga. Tanpa pandemi saja tentunya UMKM sudah menjalani proses kehidupan yang berat, ketidakpastian penghasilan dan minimnya fasilitas yang dimiliki membuat pelaku UMKM kesulitan dalam kesehariannya. Tentunya kebangkitan dan kisah sukses atau keberhasilan pelaku UMKM dalam berusaha menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Pada awalnya bekerja sebagai Bagian Produksi, usaha utamanya adalah di bidang Advertising atau Periklanan. Sambil menimba ilmu dan pengalaman, belajar menjalani usaha sendiri. Berjalannya waktu memiliki usaha sablon dan percetakan sendiri sebagai upaya wirausaha serta saat menjalaninya memiliki banyak waktu luang untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang menjadi kegemaran sendiri,” seru Topan Sugiarto, Pemilik UMKM Explore Graphics saat di wawancarai oleh Jurnal Desa.

Ia mengatakan, saat memulai usaha adalah saat yang berat bagi keluarga, Bapak saya wafat dan adik – adik masih kecil sementara kebutuhan keluarga harus dipenuhi. Dengan skill design grafis dan sambil belajar marketing, dapat order usaha sablon kaos dan spanduk. Ketika menjalani marketing inilah jadi tahu ada kebutuhan apa di market, dan menemui fakta bahwa kebutuhan untuk peralatan pemasaran dan promosi sangat tinggi.

“Tadinya hanya sekedar ingin belajar tentang wirausaha dan hanya bermodalkan semangat. Berdasarkan temuan kebutuhan di pasar itulah menjadi peluang dalam mendapatkan order usaha. Pada proses pengerjaannya memang ada perubahan – perubahan terutama di harga bahan baku dan inilah yang membuat harga promosi menjadi variatif. Peralatan promosi seperti kaos sablon dan percetakan spanduk, banner dan umbul – umbul menjadi bidang usaha jasa yang menguntungkan dan memiliki potensi yang bagus,” ucap Topan Sugiarto yang memiliki usaha peralatan promosi di Jakarta Utara.

Ia melanjutkan, memasuki masa pandemi sangat sulit usaha untuk dilakukan, ditambah lagi begitu banyak regulasi yang rumit dibuat oleh pemerintah terkait Promosi terutama di masa Pemilu dan Pilkada. Entah apa yang jadi pertimbangan pemerintah dan jujur saja dari segi usaha merasa dirugikan, tetapi tak tahu harus kemana pengaduan kerugian usaha dilaporkan. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi membuat usaha menjadi menurun karena situasi masyarakat dan negara yang tak menentu yang mengakibatkan ekonomi pun jadi menurun.

“Di masa pandemi ini kalau kita berdiam diri saja, tentunya usaha kita akan tutup. Ya sedikit banyak mencari cara baru dalam marketing dan mendapatkan order. Peluang sekecil apapun dimanfaatkan agar usaha saya tetap berjalan dan ternyata justru dapat order bagus terkait tema Pandemi Covid 19. Berdasarkan peluang yang ada saya membuat kaos Peduli Covid 19 dan ternyata berhasil di pasaran serta menjadi keuntungan yang baik bagi usaha. Kemampuan melihat peluang usaha inilah menjadi inspirasi di masa pandemi covid 19,” ujarnya.

Untuk ulasan lebih lengkap dapat disaksikan di tayangan video berikut :

Inspirasi Usaha Dimasa Pandemi

Pewarta : FEB
Editor : LIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here