Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Aspirasi · 12 Jan 2021 16:00 WIB ·

Jejak Sang Petualang, UMKM Rental Peralatan Gunung


 Jejak Sang Petualang, UMKM Rental Peralatan Gunung Perbesar

Jurnaldesa.id | Jakarta – Kegiatan alam merupakan jenis wisata yang banyak digemari masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan kegiatan alam tentunya menggunakan peralatan khusus untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berpetualang. Sebagai sebuah bidang usaha, peralatan kegiatan alam memang membutuhkan perhatian khusus dalam produksinya dan karena hal tersebut biaya yang dikeluarkan untuk itu tidak sedikit.

“Awalnya saya memulai bidang usaha rental peralatan gunung adalah untuk mengisi kebutuhan petualang kegiatan alam melengkapi peralatannya. Sebab peralatan petualangan membutuhkan biaya yang besar, maka saya berinisiatif untuk memberikan jasa penyewaan peralatan gunung. Dan untuk kebutuhan itupun saya membuat toko rental peralatan gunung,” kisah Cristian Pacet Wijaya, pelaku UMKM dan Pemilik Toko Rental Peralatan Gunung, Jejak Sang Petualang di Purbalingga, Jawa Tengah.

Ia bercerita, peralatan gunung yang disewakan juga beragam. Mulai dari peralatan pokok seperti Tas Carrier dan Sepatu Gunung. Juga menyewakan peralatan survival seperti nesting dan kompor portable untuk memasak di gunung. Tali temali juga disewakan di Jejak Sang Petualang, jadi memang kita sengaja untuk mempersiapkan penyewaan peralatan gunung yang lengkap dan berkualitas agar memudahkan para penggiat petualangan alam, hutan dan gunung.

“Tentunya saat penggiat petualangan menyewa peralatan kami, di cek dulu kondisi peralatannya. Apakah masih dalam keadaan baik atau sudah lengkap itemnya. Dan ketika penggiat petualangan kembali dari kegiatannya serta mengembalikan peralatan yang disewakannya dalam keadaan rusak atau hilang, tentunya ada denda yang harus ditunaikan. Biaya dendanya disesuaikan dengan kadar kerusakannya dengan ratio yang wajar,” ujar Cristian Pacet Wijaya.

Ia menuturkan, kita juga menyediakan jasa konsultasi pendakian dan petualangan dengan memberikan informasi soal teknik survival, prosedur pendakian dan safety di gunung. Lokasi kita bertempat di Jalan Gunung Keraton, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Sejak tahun 2016 sudah menjalani usaha rental peralatan gunung ini, awalnya bermodal Rp50 Juta yang kemudian dibelikan peralatan gunung untuk disewakan oleh para penggiat petualangan alam, hutan dan gunung.

Untuk ulasan lebih lengkap dapat disaksikan di tayangan berikut:

Jejak Sang Petualang, UMKM Rental Peralatan Gunung

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 363 kali

Baca Lainnya

Musrembangdes 2022 Desa Gubugsari Kendal Berlangsung Khidmat

27 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Desa Gubugsari

Warga Harap Perbaikan Jalan di Desa Wayau Cepat Rampung

31 Mei 2022 - 11:45 WIB

Infrastruktur Jalan

Film Perjuangan Kemerdekaan yang Bikin Bangga dan Wajib Tonton

30 Agustus 2021 - 17:00 WIB

Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Heru Bakmal, dari Modal 3 Juta Hingga Omzet Puluhan Juta

26 Januari 2021 - 16:00 WIB

UMKM Mawar Berkah Menghasilkan Tembikar Berkualitas

19 Januari 2021 - 16:00 WIB

Inspirasi Usaha Dimasa Pandemi

5 Januari 2021 - 16:00 WIB

Trending di Aspirasi