Kelompok Wanita Tani Mrican Panen Sayur dan Buah dengan Metode Demplot

0
507
jurnaldesa/Foto:Desa Caturtunggal (Kelompok Wanita Tani Srikandi Padukuhan Mrican, sedang panen hasil pertanian)

Jurnaldesa.id | Sleman – Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Padukuhan Mrican dalam beberapa tahun ini serius mengembangkan metode Demonstrasin Plot (Demplot). Metode ini sebagai upaya penyuluhan dalam pemanfaatan lahan yang berbasis teknologi sebagai alternatif budidaya tanaman, baik itu buah maupun sayur.

Hasil dari upaya tersebut digelarlah panen hasil pertanian, pada Jumat, (17/07), bertempat di lahan Demplot KWT Srikandi Padukuhan Mrican. Panen bersama itu dihadiri oleh pejabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, Kasi Ekobang Kecamatan Depok, Kasi Kesejahteraan, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Caturtunggal, PPL Pertanian Kecamatan Depok, dan tokoh masyarakat Padukuhan Mrican.

Dalam kesempatan itu, Munadi, S.Sos, menyampaikan bahwa panen bersama ini sebagai momen untuk penyuluhan kepada petani maupun kelompok wanita tani untuk mencoba teknologi tanaman budidaya. Panen bersama yang menghasilkan sayuran seperti terong, pare, dan buah-buahan itu, diharapkan dapat memotivasi warga untuk melakukan budidaya tanaman dengan teknologi di lahan sempit.

Munadi berharap, penggunaan metode Demplot ini dapat diterima dan mau diterapkan oleh warga. Apalagi penyuluh dari Pemerintah Desa dan PPL Pertanian Kecamatan Depok telah menggunakan metode yang tepat dalam penyampaian materi penyuluhan.

Sementara itu Dukuh Mrican, Sumarji, menegaskan, Demplot merupakan bagian dari metode penyuluhan pertanian yang menjadi cara bagi penyuluh dalam menyampaikan materi penyuluhan kepada petani dan keluarganya. Terlebih hal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Caturtunggal dan pihak terkait lainnya.

“Kepada petani maupun warga agar dapat menjalin kemitraan dengan pihak terkait untuk pengembangan Demplot KWT Srikandi Mrican sebagai wahana praktek dalaman penyuluhan budidaya pertanian,” tambah Munadi.

Rilis: Desa Caturtunggal
Pewarta: Darmanto
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here