Menu

Mode Gelap
Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)? Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes? Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal Profil Desa Paling Sangat Tertinggal di Indonesia

Dinamika · 29 Jun 2019 21:00 WIB ·

LIPI Tawarkan Riset untuk Peningkatan Produk Daerah

jurnaldesa/foto: lipi (Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas)

Banyuwangi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuka seluas-luasnya infrastruktur dan sumber daya peneliti kepada setiap daerah untuk meningkatkan pemanfaatan potensi daerah. “LIPI mempunyai fasilitas riset, peneliti, dan teknologi untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas usaha kecil menengah di daerah melalui Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna,” terang Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (25/06/2019).

Handoko menjelaskan beberapa teknologi LIPI yang sudah digunakan oleh UKM di daerah seperti teknologi pengemasan makanan tradisional. “Beberapa jenis makanan tradisional seperti gudeg dan mangut saat ini sudah hadir dalam kemasan kaleng sehingga nilai jualnya semakin bertambah,” terang Handoko.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyambut antusias tawaran dari LIPI dan akan segera mempersiapkan penandatanganan kerja sama dengan LIPI untuk bidang dan sektor strategis yang potensial di Banyuwangi. “Kami berharap kerja sama penelitian bisa diterapkan di sektor unggulan Banyuwangi seperti pariwisata,” ujarnya.

Kepala LIPI kemudian mengunjungi beberapa fasilitas unggulan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi seperti Mall Pelayanan Publik. Selanjutnya Kepala LIPI melakukan penanaman pohon langka jenis Hopea sangal dan Diospyros celebica yang merupakan koleksi dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI.

Penulis: Wisnubro
Editor: Djali Achmad
Referensi: jpp.go.id

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

25 Juli 2022 - 13:37 WIB

Desa Peliatan

Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten

22 Juli 2022 - 19:32 WIB

IDM 2021

Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes?

21 Juli 2022 - 17:43 WIB

Baksos Korem 132/Tadaluko

Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal

20 Juli 2022 - 05:35 WIB

Desa Sungai Buluh

Profil Desa Paling Sangat Tertinggal di Indonesia

18 Juli 2022 - 19:36 WIB

Desa Diyoudimi

Akses Internet dan Jalan Aspal Belum Ada, Kurulimbu Selatan NTT Naik Status

15 Juli 2022 - 18:02 WIB

IDM Kemendes PDTT
Trending di Artikel