Menu

Mode Gelap

UMKM · 30 Jul 2019 09:00 WIB ·

Masyarakat Lebong Miliki Aplikasi Promosi Usaha Berbasis Android

jurnaldesa/ilustrasifoto:djaliachmad (Masyarakat Kabupaten Lebong miliki aplikasi promosi usaha berbasis android)

Jurnaldesa.id | Lebong – Patut di apresiasi ketika suatu dinas pemerintah daerah memaksimalkan fungsi dan potensinya pada pemanfaatan media yang sedang tren, yaitu penggunaan sistim aplikasi berbasis android. Hal itu merupakan inovasi tepat sebab masih sedikit dilakukan oleh pemda-pemda, mengingat pemanfaatan media website saja umumnya masih tergolong rendah dalam meng-update profil dan situasi di wilayahnya.

Adalah Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, yang kini telah memiliki aplikasi android  yang dinamakan “Lebong Dalam Genggaman”. Menurut deskripsinya, aplikasi yang dirilis Diskominfo Kabupaten Lebong merupakan aplikasi pelayanan terpadu resmi Pemerintah Kabupaten Lebong yang merangkum pelayanan tanggap darurat, informasi publik, dan informasi wisata. Berbagai informasi yang terangkum dalam fiturnya kini sudah dalam versi 0.6.6.350.

Berbagai ulasan publik yang positif turut mengapresiasi atas munculnya aplikasi yang dirilis sejak 1 Januari 2019 itu. Misalnya akun atas nama Bakso Kian Santang Lebong Bengkulu, “Sangat bagus untuk kemajuan Lebong aplikasi ini”. Demikian juga akun yang berasal dari luar wilayah Lebong, Muhammad Abdullah Al Muwahhid mengatakan, “Sangat informatif, lumayan buat tahu daerah-daerah nan jauh disana.” Namun ada juga yang memberi saran atau masukannya, “masih perlu pengembangan”, dan “tingkatkan lagi aplikasinya”.

Dalam keterangannya, Diskominfo Kabupaten Lebong menyebutkan “kami mengajak seluruh pelaku usaha di wilayah Kabupaten Lebong untuk mendaftarkan usahanya ke dalam aplikasi tersebut. Melalaui aplikasi ini kami harap masyarakat umum akan lebih mudah mengenal Lebong. Hal ini juga sebagai sarana promosi bagi pelaku usaha agar lebih dikenal dan mudah dijangkau oleh pengunjung dari luar daerah maupun dari masyarakat Lebong itu sendiri,” paparnya.

Aplikasi yang dapat di download melalui Google Playstore ini memiliki 11 fitur, yaitu kuliner, wisata, hotel, belanja, kerajinan, fasilitas umum, seni budaya, galeri, video Lebong, info Lebong, dan Lebong belajar. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lebong, Donni Swabuana, ST., M.Si. menjelaskan lebih jauh, “Bagi masyarakat yang memiliki usaha kuliner, pariwisata, atau usaha apapun untuk mendaftarkan usahanya ke aplikasi Lebong Dalam Genggaman. Selain mudah cara mendaftarnya juga gratis.”

Donni menambahkan, “Daftarnya bisa datang ke Dinas Kominfo dengan mengisi formulir disertai lampiran foto usaha dan titik koordinat lokasi usaha agar mudah ditemukan publik. Bisa juga daftar melalui email ke alamat dinaskominfolebong@gmail.com, atau jika ingin lebih mudah dapat mengirim melalui WhatApp ke nomor 085379203061. Data yang harus dikirim yaitu alamat lengkap usaha, nomor yang bisa dihubungi, titik koordinat usaha, foto usaha serta produk yang ditawarkan,” jelasnya.

Pewarta: Yudi AS.
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Satu Data Kemenkeu Guna Tingkatkan Produk dan Kualitas Pelaku UMKM

18 Maret 2022 - 17:00 WIB

UMKM

Puan Serahkan Bantuan PIP dan BLT UMKM Kepada Warga Morotai

8 Februari 2022 - 17:00 WIB

Puan Maharani Serahkan Bantuan PIP dan BLT UMKM

Adaptasi UMKM Terhadap Transformasi Digital

5 November 2021 - 09:00 WIB

Pentingnya Financial Planning Bagi UMKM (Part 2)

21 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Trik Edge Mountain Survive Dimasa Pandemi

21 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Era Digitalisasi, UMKM Harus Keluar dari Zona Konvensional

21 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Trending di News