Menu

Mode Gelap
Akhirnya Bali Muncul Sebagai Satu-satunya Provinsi Mandiri 355 Desa Sangat Tertinggal di Kabupaten Tolikara Perlu Mendapat Perhatian 43 Dari 46 Distrik di Kabupaten Tolikara Masih Berstatus Sangat Tertinggal 1,5 Triliun Guna Tolikara Yang Lebih Baik di 2022 Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

Artikel · 1 Jun 2022 08:00 WIB ·

Memahami Dengan Mudah Konsep Dasar Dana Desa


 Ilustrasi: Memahami Dengan Mudah Konsep Dasar Dana Desa. (Foto: Jurnaldesa.id) Perbesar

Ilustrasi: Memahami Dengan Mudah Konsep Dasar Dana Desa. (Foto: Jurnaldesa.id)

JURNALDESA – Guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa dalam segala aspeknya sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, UU Nomor 6 Tahun 2014 memberikan mandat kepada Pemerintah untuk mengalokasikan Dana Desa (DD).

Dana Desa tersebut dianggarkan setiap tahun dalam APBN yang diberikan kepada setiap desa sebagai salah satu sumber pendapatan desa. Kebijakan ini sekaligus mengintegrasikan dan mengoptimalkan seluruh skema pengalokasian anggaran dari Pemerintah kepada desa yang selama ini sudah ada.

Apa yang dimaksud dengan “skema pengalokasian anggaran dari Pemerintah kepada desa yang selama ini sudah ada?” Maksudanya ialah, sumber pendapatan desa sebelum desa mendapatkan anggaran dari Dana Desa, desa telah memiliki sumber-sumber lain yang di dapat oleh desa.

Namun untuk lebih terintegrasikannya dana-dana atau sumber-sumber pendapatan desa tersebut, sehingga pembangunan desa menjadi lebih optimal maka disusunlah skema-skema yang berdasarkan dari pihak-pihak yang turut berkontribusi dalam memberikan sumber pendapatan desa.

Lalu, untuk lebih jelasnya, apa saja sumber pendapatan desa terkait dengan Dana Desa dan sumber lainnya? Sumber pendapatan desa diperoleh dari tujuh sumber, yaitu:

1. Pendapatan Asli Desa (PAD)
2. Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN
3. Bagian dari Hasil PDRD Kabupaten/Kota
4. Alokasi Dana Desa (ADD) dari Kabupaten/Kota
5. Bantuan Keuangan APBD Provinsi dan APBD Kab/Kota
6. Hibah dan Sumbangan Pihak ke-3
7. Lain-lain Pendapatan Desa yang Sah

Sedangkan yang dimaksud dengan Dana Desa ialah, dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Mengenai penganggaran Dana Desa dalam APBN ditentukan sebesar 10 persen dari dan diluar Dana Transfer Daerah secara bertahap. Tentang bagaimana cara penghitungan Dana Desa dihitung berdasarkan jumlah desa dan dialokasikan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jumlah Penduduk
2. Angka Kemiskinan
3. Luas Wilayah
4. Tingkat Kesulitan Geografis

Sebenarnya, apa tujuan pemberian Dana Desa? Menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, tujuan dari Dana Desa terdiri atas lima:

1. Meningkatkan pelayanan publik di desa
2. Mengentaskan kemiskinan
3. Memajukan perekonomian desa
4. Mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa
5. Memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan

Pastikan Dana Desa di desa Anda telah tersalurkan, termasuk sumber pendapatan asli desa diluar Dana Desa perlu juga Anda pahami. Agar anggaran negara, baik itu yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten/Kota, dapat tersalurkan tepat sasaran sesuai harapan masyarakat desa dan Pemerintahan Desa itu sendiri.

Pewarta: MAD

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Akhirnya Bali Muncul Sebagai Satu-satunya Provinsi Mandiri

8 September 2022 - 20:53 WIB

Bali

1,5 Triliun Guna Tolikara Yang Lebih Baik di 2022

1 September 2022 - 14:42 WIB

Kabupaten Tolikara

Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

25 Juli 2022 - 13:37 WIB

Desa Peliatan

Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten

22 Juli 2022 - 19:32 WIB

IDM 2021

Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes?

21 Juli 2022 - 17:43 WIB

Baksos Korem 132/Tadaluko

Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal

20 Juli 2022 - 05:35 WIB

Desa Sungai Buluh
Trending di Dana Desa