Menu

Mode Gelap

Lingkungan · 20 Jul 2019 09:00 WIB ·

Menikmati Rimbunnya Hutan Bambu ditepian Sungai Bekasi

jurnaldesa/foto:bersapedahan.wordpress.com (Menikmati Rimbunnya Hutan Bambu ditepian Sungai Bekasi)

Jurnaldesa.id | Bekasi – Kota satelit bagi Ibu Kota Jakarta ini memang terlihat lebih maju dari segi infrastruktur dibandingkan kota satelit lainnya, seperti Bogor, Depok, dan Tangerang. Berbagai bangunan pusat perbelanjaan megah dan apartemen yang menjulang tinggi banyak ‘menghiasi’ di jalur-jalur strategis, seperti di wilayah dekat tol Bekasi Barat dan tol Bekasi Timur. Dibalik masifnya pembangunan yang beraura beton itu terdapat satu area yang bernuansa semi hutan, yaitu hutan bambu di tepian sungai Bekasi.

Hutan yang terletak di Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur ini dibangun sejak 2 tahun lalu atas inisiatif masyarakat sekitar. Dengan menempati areal seluas kurang lebih 800 meter, hutan bambu ini difungsikan sebagai penahan abrasi sungai. “awalnya kami menanam pohon bambu ini bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi untuk menahan abrasi sungai,” ucap Inan Sulaeman, seperti dikutip dari jabargov.go.id. Namun dalam perkembangannya respon masyarakat sekitar cukup antusias untuk ikut menikmati adem dan rindangnya suasana hutan bambu.

Keberadaan hutan bambu yang terletak di Kampung Bambu ini dikelola secara swadaya oleh Forum Masyarakat Kampung Bambu. “Kita sudah memiliki tujuh saung. Ada fasilitas wifi bantuan dari Dinas Kominfo Kota Bekasi. Mengenai tiket masuk tidak kita kenakan tarif, sebab kami belum menyediakan fasiltas lengkap seperti toilet, mushola, dan parkir yang memadai. Pengunjung cukup mengisi kencleng (kotak amal) dipintu masuk seikhlasnya,” papar Inan.

Menurut Inan, selama dua tahun terakhir Kampung Bambu telah menjadi tujuan wisata lokal. Pengunjung dapat menikmati aneka kuliner sambil sekedar ngadem dibawah rimbunnya berbagai jenis pohon bambu yang ditanam. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen kunjungannya, karena tersedia beberapa spot foto yang menarik.

Pewarta: Djali Achmad
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Kesaksian Warga Soal Aktivitas Aparat di Desa Wadas

11 Februari 2022 - 09:00 WIB

Spanduk Penolakan Desa Wadas

Respon Komnas HAM Terhadap Dugaan Kekerasan di Desa Wadas

9 Februari 2022 - 16:00 WIB

Komnas HAM RI Kecam Tindakan Kekerasan Aparat Kepolisian

Indeks Ketahanan Lingkungan Desa Anda Patut Juga Diperhatikan! (IDM Part 6)

7 Februari 2022 - 09:00 WIB

Desa Longsor di Kabupaten Lebak

Menteri Trenggono: Laut Bukan Tempat Sampah!

2 Februari 2022 - 17:00 WIB

KLHK Edukasi Masyarakat untuk Cinta Puspa dan Satwa Nasional di Mall

5 November 2021 - 12:00 WIB

Spirit Sumpah Pemuda dari Bantaran Sungai Cisadane

1 November 2021 - 09:00 WIB

Trending di Lingkungan