Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Artikel · 5 Feb 2022 11:00 WIB ·

Perhatikan Aspek “Permukiman” Pada Indeks Ketahanan Sosial di Desa Anda (IDM Part 4)


 Perhatikan Aspek “Permukiman” Pada Indeks Ketahanan Sosial di Desa Anda (IDM Part 4) Perbesar

Jurnaldesa.id | Jakarta – Dalam Permendes Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Indeks Desa Membangun yang menjelaskan tentang Indeks Ketahanan Sosial (IKS), terdapat perihal yang menerangkan tentang Dimensi “Permukiman” penduduk desa. Pada artikel bagian ke-4 ini akan disampaikan ringkasannya.

Dimensi yang menguraikan tentang ketentuan tata kelola permukimana penduduk ini terdiri atas 4 bagian. (1) Tentang Akses ke Air Bersih dan Air Minum Layak, (2) Tentang Akses ke Sanitasi, (3) Tentang Akses ke Listrik, dan (4) Tentang Akses ke Informasi dan Komunikasi.

Indikator Akses ke Air Bersih dan Air Minum Layak
1. JIka sumber air minum di desa Anda berasal dari PAM atau air ledeng tanpa meteran, maka desa Anda berhak memperoleh point maksimal yaitu skor 5. Tapi jika umumnya masih menggunakan sumur bor atau pompa, maka skor yang diperoleh 4. Atau mungkin di desa Anda memanfaatkan air kemasan atau dari mata air, maka skor yang di dapat 3. Sedangkan jika memanfaatkan air sungai atau air hujan, maka skor desa Anda hanya 2. Untuk sumber air lain yang tidak tertera dalam ketentuan ini, skornya 1.

2. Untuk sumber air mandi dan air untuk mencuci, jika air yang digunakan berasal dari PAM atau air ledeng tanpa meteran, maka desa Anda berhak memperoleh point maksimal yaitu skor 5. Tapi jika umumnya masih menggunakan sumur bor atau pompa, maka skor yang diperoleh 4. Atau mungkin di desa Anda memanfaatkan dari sumber mata air, maka skor yang di dapat 3. Sedangkan jika memanfaatkan air sungai atau air hujan, maka skor desa Anda hanya 2. Untuk sumber air lain yang tidak tertera dalam ketentuan ini, skornya 1.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 424 kali

Baca Lainnya

Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia

20 November 2023 - 10:36 WIB

Desa Terdepan

3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal

19 November 2023 - 10:02 WIB

Desa Terdepan

Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal

18 November 2023 - 10:29 WIB

Desa Terdepan

Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal

17 November 2023 - 09:16 WIB

Desa Terdepan

Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

16 November 2023 - 10:18 WIB

Desa Terdepan

Pa’ Loo, Satu-satunya Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Dengan Malaysia

15 November 2023 - 10:27 WIB

Desa Terdepan
Trending di Artikel