Lingkungan // Kehutanan

Perjalanan Menuju Duta Tanahalisa 2021

Jurnaldesa.id | Bogor – Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi kepedulian terhadap kelestarian alam. Pada prinsipnya semua peserta pemilihan dapat memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tak langsung terkait pelewstarian alam. Sebagai sebuah ajang pemilihan, Duta Tanahalisa 2021 diharapkan mampu dan memiliki wawasan budaya dan pariwisata yang turut mengikutsertakan kepedulian terhadap konservasi alam.

“Keinginan kita adalah tumbuhnya kesadaran untuk peduli terhadap pelestarian alam. Karena seperti yang kita ketahui bersama, manusia hidup menghirup nafas yang berasal dari oksigen dan asalnya dari hutan, maka pelestarian hutan sangat penting dan perlu. Begitupula air bersih, TNGHS ini merupakan sumber air bagi kawasan masyarakat disekitarnya. Oleh sebab itu, kebersihan air juga harus dijaga dan kita sebagai generasi muda mengikuti kegiatan Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 termotivasi oleh kepedulian tersebut,” kisah Geok Mengwan, peserta dan Pinilih Mojang Halisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Pelabuhan Ratu.

Dia bercerita, kita berawal dari Paguyuban Mojang dan Jejaka di Sukabumi, dibawah naungan Dinas Budaya dan Pariwisata. Jadi di Paguyuban kami memang dipersiapkan untuk menjadi generasi muda yang menyuarakan kegiatan budaya dan pariwisata. Kemudian dengan keikutsertaan kami dalam Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 ini, wawasan kami diperkuat dengan pengetahuan konservasi dan pelestarian alam. Dengan dilibatkannya generasi muda yang tadinya berlatar belakang Duta Pariwisata inilah menjadi generasi muda yang turut menyuarakan kepedulian terhadap konservasi dan pelestarian alam.

“Awalnya kami mendaftarkan diri secara online yang kemudian ditindaklanjuti dengan webinar dan penjelasan tentang kegiatan Pemilihan Duta Tanahalisa 2021. Untuk persiapannya sendiri kita melakukan penguatan pengetahuan tentang konservasi alam, Taman Nasional, TNGHS dan Satwa Elang Jawa yang dilindungi negara. Jadi kami saat mengikuti rangkaian kegiatan sudah memiliki pengetahuan umum tentang konservasi dan pelestarian alam. Di masa karantina itupun kami diperkuat dengan materi – materi yang baru kami ketahui tentang konservasi dan menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi kami,” seru Erwan Rusdiawan, peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Pelabuhan Ratu.

Ia menjelaskan, disini juga kami ada ajang unjuk bakat sebagai salah satu tahapan seleksi. Meskipun waktu persiapan terhitung singkat tetapi dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bermanfaat. Penguatan pengetahuan materi konservasi dan pelestarian alam merupakan pengalaman baru bagi kami dan sangat berkesan serta bangga telah menjadi bagian dari Pemilihan Duta Tanahalisa 2021. Tentunya diharapkan masyarakat melalui kegiatan ini dapat tumbuh kepeduliannya untuk turut serta melestarikan alam agar dapat terjaga dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara bertanggung jawab.

Untuk ulasan lebih lengkap dapat disaksikan di tayangan video berikut :

Perjalanan Menuju Duta Tanahalisa 2021

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sorotan Publik

To Top