Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Dinamika · 30 Mei 2022 05:00 WIB ·

Pilkades Tahap Pertama di Kabupaten Batang Berlangsung Kondusif


 Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu, 29/5/2022. (Foto: InfoPublik) Perbesar

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu, 29/5/2022. (Foto: InfoPublik)

JURNALDESA.ID | Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Forkopimda Kabupaten Batang meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak secara daring dan langsung yang pelaksanaannya berlangsung kondusif.

Pilkades serentak tahap pertama Kabupaten Batang pada tahun ini diselenggarakan di 32 desa pada 14 kecamatan, dan berjalan dengan lancar.

“Bahwa hari ini kita sudah melaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Biro Hukum dan Desa sudah dilaporkan tahapan-tahapan Pilkades serentak yakni persiapan dan pelaksanaan pada saat ini,” ungkap Lani Dwi Rejeki, usai meninjau Pilkades serentak di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Minggu (29/5/2022).

Laporan pelaksanaan Pilkades terkait pengamanan dari pihak kepolisian Kabupaten Batang, menerjunkan 400 personel dari Polres, Brimob, TNI, Satpol PP, Linmas dan Kesbangpol.

“Hasil pemantauan hari ini ada empat desa, pertama Desa Kalipucang Kulon melalui daring dan tiga desa lain yakni Desa Cepokokuning, Desa Kalibeluk, dan Desa Gapuro. Semuanya berjalan aman, tertib, dan terkendali,” jelasnya.

Ditambahkan Lani, masyarakat yang punya hak pilih juga hadir sesuai undangan. Jika ada yang sakit petugas akan mengantar hak pilihnya ke rumah, atau apabila ingin hadir ke tempat pencoblosan maka akan digendong petugas.

“Animo Pilkades serentak ini dimanfaatkan oleh pedagang untuk berjualan di area luar lokasi pencoblosan. Saya kira ini dampak ekonomi karena adanya keramaian masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan bahwa pemantauan pelaksanaan peninjauan pilkades secara daring dan langsung ini berjalan kondusif.

“Yang terpenting dalam pelaksanaan ini protokol kesehatan bisa berjalan dengan baik untuk masyarakat dan petugas pelaksanaan Pilkades,” tegasnya.

Ia berpesan, untuk petugas pelaksana Pilkades jika ada provokator yang menghambat pemilihan kepala desa tanggapi dengan tenang dan serahkan ke petugas jaga di lapangan.

“Petugas pengaman akan kita siagakan sampai ada keputusan perhitungan suara yang bisa dipertanggungjawabkan secara umum walaupun nanti ada yang sampai malam,” pungkasnya.

Pewarta: DIN
Sumber: InfoPublik

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA

BMKG Tingkatkan Literasi Iklim Petani Kopi

20 Maret 2023 - 15:04 WIB

BMKG

Warga Pedukuhan Gunung Cilik, Bantul, Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

14 Maret 2023 - 18:32 WIB

BCA
Trending di Dinamika