Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Potensi · 23 Sep 2021 12:00 WIB ·

Potensi Ekspor Buah Segar Indonesia Diperluas ke Eropa


 Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat pameran Internasional buah segar Indonesia. Foto : Kementerian Pertanian RI Perbesar

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat pameran Internasional buah segar Indonesia. Foto : Kementerian Pertanian RI

Jurnaldesa.id | Pasuruan – Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan eksebisi potensi buah segar Indonesia ke pasar Eropa. Buah segar memang menjadi satu diantara 5 komoditas Indonesia yang dibawa ke Brussel Belgia untuk dipamerkan dalam event Discover Indonesian Super Foods and Drinks.

Mengenai hal ini, Indonesia sejak lama dikenal sebagai pemasok buah segar ke pasar mancanegara. Hal ini seperti yang dijelaskan Muhid, eksportir buah Mangga Gadung asal Pasuruan, Jawa Timur.

“Singapura, Malaysia dan Arab Saudi adalah negara negara pengimpor buah asal Indonesia. Jadi memang potensi buah segar kita sangat besar sekali,” ujar Muhid, Jumat, 17 September 2021.

Ia pun menyampaikan terimakasih atas perhatian besar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian yang membawa buah lokal ke pameran dan forum internasional di Belgia.

“Kami petani dan eksportir buah merasa sangat terbantu sekali dengan upaya pemerintah yang memamerkan buah kita ke Eropa. Semoga buah nasional semakin jaya,” katanya.

Muhid menambahkan, sejauh ini ada 4 Kecamatan yang memproduksi buah mangga berkualitas tinggi di wilayah Pasuruan. Diantaranya Kecamatan Rembang yang memiliki luas tanam 850 hektare, Kecamatan Bangil 50 hektare, Kecamatan Pasuruan 100 hektare dan Kecamatan Sukorejo 500 hektare.

“Ke depan saya berharap petani di 4 kecamatan ini bisa mengekspor melalui 1 pintu. Jadi tidak melalui perantara. Langkah ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani buah di Pasuruan,” katanya.

Sebagai infomasi, Delegasi Kementan hadir ke Roma, Italia untuk menghadiri pertemuan G20 Open Forum on Sustainable Agriculture. Di sana Kementan akan menyampaikan materi kenegaraan berjudul meningkatkan produktivitas, membuka lapangan kerja, dan penambahan nilai dalam sistem pertanian pangan Indonesia.

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Keelokan dan Kebersihan Desa Wisata Penglipuran Bali Diakui Dunia

28 Oktober 2023 - 15:10 WIB

Desa Penglipuran

Perjuangan Desa Wisata Kampung Dayun Siak Hingga Masuk 50 Besar ADWI

31 Mei 2022 - 17:00 WIB

Desa Wisata

Sedang Digemari, Bermain Skuter Listrik di Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung

31 Mei 2022 - 11:00 WIB

Potensi Wisata

Masyarakat Nelayan Desa Tanah Kuning Gelar Tradisi Penurunan Kapal Adat

30 Mei 2022 - 06:15 WIB

Masyarakat Nelayan

Potensi Usaha Tanaman Bonsai Desa Samong Berpeluang Sebagai Destinasi Wisata

24 Mei 2022 - 11:54 WIB

Bonsai

Telaga Saat, Potensi Wisata Desa Tugu Utara yang Sejuk, Indah, Eksotik

23 Februari 2022 - 08:00 WIB

Telaga Saat
Trending di Potensi