Pulau Dodola, Surganya Morotai

0
748
jurnaldesa/foto:pulaumorotaikab.go.id (Jika permukaan laut surut, Anda dapat menyaksikan ‘karpet berpasir’)

Jurnaldesa.id | Pulau Morotai – Provinsi Maluku Utara dianugerahi keindahan pulau yang luar biasa, Pulau Dodola adalah salah satunya. Pulau Dodola layak disebut sebagai surga khatulistiwa. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini tersambung hanya saat laut sedang surut sehingga membentuk jalan berpasir. Sungguh unik!

Secara administratif Pulau Dodola terletak di Desa Kolorai, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Secara geografis Pulau Dodola terletak diantara daratan Pulau Morotai dan Pulau Maluku Utara. Kecantikan pulau tak berpenghuni ini akan membuat mata Anda tercerahkan, karena keindahannya yang sangat mempesona dan menggagumkan.

Untuk menuju Pulau Dodola yang terletak di barat Pulau Morotai, dari Tobelo perjalanan ditempuh menuju Daruba lalu dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Keindahan Pulau Dodola benar-benar sangat natural. Pasir pantainya sangat putih dan butirannya sehalus bubuk. Berjemur di pantai Dodola merupakan pilihan tepat. Sebab dapat sekaligus menikmati jernihnya lautan dan pemandangan permukaan laut yang hijau dan kebiru-biruan.

Terlebih lagi jika permukaan laut sedang surut, kita dapat menyaksikan ‘karpet berpasir’ yang menghubungkan kedua pulau, Dodola Besar dan Dodola Kecil. Anda dapat berjalan di jembatan berpasir tersebut selama 5 menit untuk menyeberangi ke salah satunya. Dengan pemandangan birunya permukaan laut di kanan dan kirinya.

Selain itu Pulau Dodola telah menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan. Tercatat ada 13 titik penyelaman di Pulau Dodola. Salah satu spot menyelam yang cukup menarik, yaitu sisa peninggalan kapal perang dan pesawat tempur Perang Dunia ke-2 yang karam.

Pewarta: Djali Achmad
Editor: Djali Achmad
Referensi: Kabupaten Pulau Morotai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here