Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Dinamika · 7 Jul 2021 12:00 WIB ·

Rawa Indah Almour, Desa Wisata Alas Sumur yang Wow untuk Merajut Keharmonisan Keluarga


 Rawa Indah Almour, Desa Alas Sumur, Bondowoso Perbesar

Rawa Indah Almour, Desa Alas Sumur, Bondowoso

Jurnaldesa.id | Bondowoso – Siapapun warga Bondowoso, dan sekitarnya pasti pernah mendengar destinasi wisata ‘Almour’. Wisata yang mempunyai nama Rawa Indah ini terletak di pinggiran kota sekitar 10 KM dari pusat Kota Bondowoso. Tepatnya di desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso.

Wisata ini bertemakan alam dengan pemanfaatan air yang begitu melimpah dari sumber mata air sekitar. Disebut Rawa Indah karena bermula dari pemanfaatan Rawa yang dimiliki oleh desa, yang sebelumnya hanya untuk tempat mancing warga dan tempat kongkow sore untuk hilangkan kepenatan. Setelah ada ‘will’ untuk menjadi tempat wisata yang menarik, kades dan warga masyararakat bahu-membahu membangun rawa ini hingga menjadi tempat rekreasi keluarga yang wow…seperti sekarang ini.

Bagaimana tidak Wow, Almour tidak hanya memanjakan anak anak dengan aneka permainan seperti flying fox, aneka permainan anak, sepeda air, perahu kayu, kolam renang tapi juga memberi ruang para orang tua untuk melepas penat dengan memancing sambil menikmati belaian udara yang sangat sejuk.

Sementara sang ayah memancing, sang ibunya bisa berjalan jalan menikmati aneka kuliner yang dijual warga desa Almor dengan harga yang sangat bersahabat alias ga bikin kantong bolong dan hati terasa plong. Tidak ada baiaya masuk tp hanya biaya parkir yang dibandrol hanya Rp 2000

Perpaduan nuansa keindahan alam dan fasilitas bermain yang variatif menjadi khas wisata yang dikelola sekitar 2015 tahun lalu, namun tempat wisata khas pedesaan ini berkembang dengan begitu pesatnya, banyaknya promosi yang dilakukan oleh pemerintah desa Alas Sumur, pemkab Bondowoso dan tim pendamping professional desa (TPPD) Kab. Bondowoso tidak hanya melalui media baik cetak maupun elektronik seperti social media, tpi juga event event kabupaten, pameran pameran pariwisata yang bertujuan untuk pengembangan dan promosi Tempat Wisata ini.

Kepala Desa Alas Sumur Totok Sugianto saat ditemui dilokasi Wisata mengatakan bahwa setiap hari kurang lebih 100 wisatawan lokal dan luar kota mendatangi tempat ini, walaupun tergolong baru namun Wisata Desa ini sudah menarik minat para pengunjung.

“Setiap harinya penjualan karcis parkir bisa mencapai 100 lembar lebih, kalau hari libur bisa mencapai 5X lipat hari biasa yaitu sekitar 500 – 700 orang berkunjung kesini untuk menikmati keindahan alam Rawa Indah Almour,” jelasnya.

Pewarta : LIN
Editor : DJ

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 466 kali

Baca Lainnya

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA

BMKG Tingkatkan Literasi Iklim Petani Kopi

20 Maret 2023 - 15:04 WIB

BMKG

Warga Pedukuhan Gunung Cilik, Bantul, Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

14 Maret 2023 - 18:32 WIB

BCA
Trending di Dinamika