Menu

Mode Gelap

Dinamika · 14 Okt 2021 09:00 WIB ·

Serba Serbi Pengalaman Kholiq dan Maura Jadi Peserta Duta Tanahalisa 2021


Serba Serbi Pengalaman Kholiq dan Maura Jadi Peserta Duta Tanahalisa 2021 Perbesar

JURNALDESA – Kegiatan Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 merupakan ajang memiliki kesan bagi peserta. Kali ini Jurnal Desa mengupas soal apa saja yang dilakukan dan menjadi pembelajaran serta pengetahuan yang diperoleh peserta. Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 adalah sebuah ajang bagi para peserta untuk mengaktualisasikan minat, bakat dan pengetahuan yang telah dimilikinya.

“Di kegiatan ini memperoleh pembekalan yang diberikan berupa materi pengetahuan konservasi alam dan pengelolaannya. Tahapan yang dilalui adalah seleksi administratif yang kemudian dihubungi secara virtual, dan setelah itu diberangkatkan dari kabupaten masing – masing. Di awal kegiatan diberikan pemantapan pengetahuan tentang satwa endemik yang terdapat di TNGHS, seperti PSSEJ yang merehabilitasi Elang Jawa,” seru Maura Fadillah, peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Lebak, Banten.

Dia mengucapkan, rangkaian kegiatan yang ada merupakan sebuah ajang yang mengesankan. Sambutan yang diberikan kepada peserta juga menyenangkan dan kita saat pembekalan dan pemantapan secara virtual diberikan oleh Dirjen KSDAE, Wiratno. Setelah dari lokasi PSSEJ, kami diajak ke Suspension Bridge, salah satu kawasan di TNGHS. Secara umum diberikan pembekalan materi soal konservasi dan pengelolaannya.

“Di kegiatan ini kami juga diperkenalkan dengan satwa endemik TNGHS seperti Elang Jawa dan Macan Tutul. Sangat mengesankan pembekalan yang diterima di rangkaian kegiatan ini. Sedikit banyak materi indoor dan materi outdoor berimbang serta pemateri juga berkelas dan sangat memiliki kemampuan untuk memahami kami generasi muda milenial,” ujar Abdul Kholiq, peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Lebak, Banten.

Ia mengatakan, latar belakang kami adalah lulusan baru dari salah satu perguruan tinggi dan mahasiswa semester 1 di salah satu perguruan tinggi pula. Pada rangkaian kegiatan kami juga didampingi oleh mentor yang difasilitasi oleh panitia pelaksana. Dan kegiatan yang ditempuh juga membuka wawasan kami akan konservasi alam secara umum dan TNGHS secara khusus.

Penulis: Parlin S.
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris – Malaysia

20 November 2023 - 10:36 WIB

Desa Terdepan

Menjaga Alam dan Tradisi di Desa Penglipuran Bali

28 Oktober 2023 - 16:05 WIB

Desa Penglipuran

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA
Trending di Dinamika