Lingkungan // Kehutanan

Simak Keseruan Selama di Karantina with Fakhri dan Fitri

Jurnaldesa.id | Bogor – Rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 salah satu diantaranya pemantapan materi. Adapun latar belakang peserta adalah perwakilan dari Dinas Budaya dan Pariwisata, Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Lebak. Oleh karenanya para peserta ditambahkan penguatan pengetahuannya dengan konservasi alam, sehingga selain sebagai pelaku budaya dan pariwisata juga pelaku konservasi alam.

“Sebagai sebuah kegiatan sangat mengesankan, memasuki masa karantina kami diberikan pemantapan materi konservasi alam. Yang tadinya kami peserta memahami budaya dan pariwisata, di kegiatan ini dikenalkan dengan konservasi alam. Dengan adanya edukasi konservasi dan wisata alam ini kita jadi semakin mengerti apa yang disuarakan oleh TNGHS melalui Duta Tanahalisa. Kami juga didampingi oleh mentor yang sangat adaptatif dengan peserta dan buat kami sudah seperti keluarga,” seru Fakhry Bayu Ramdhani, peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Bogor, Kecamatan Pamijahan.

Ia menyampaikan, latar belakang saya adalah seorang mahasiswa yang sekaligus memiliki kegiatan sebagai Master of Ceremonial (MC) Pernikahan. Rangkaian kegiatan dimulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online dan test secara virtual. Kemudian kami juga menjalani karantina dan mendapatkan pemantapan materi dan diberikan kesempatan untuk diskusi seperti tanya jawab dengan para ahli konservasi alam. Meskipun kegiatannya cukup padat tetapi merupakan pengalaman yang mengesankan.

“Selama karantina kita diajak untuk berkunjung ke Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Untuk saya secara pribadi pengalaman menjadi peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021 ini, melebihi ekspektasi saya. Saya bertemu dan berdiskusi dengan ahli – ahli di bidang konservasi alam dan merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Kita juga diberikan kesempatan untuk berwisata ke suspension bridge yang merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara,” ujar Fitrianti, peserta Pemilihan Duta Tanahalisa 2021, perwakilan dari Kabupaten Bogor, Kecamatan Sukajaya, Kampung Adat Ulu.

Dia bercerita, latar belakang saya juga sama dengan kang Fakhri, seorang mahasiswi yang memiliki kegiatan keseharian sebagai penari tradisional. Bersyukur bakat tari yang saya miliki bisa menjadi penghasilan bagi saya. Bagi saya, siapa lagi selain kita generasi muda yang akan menjadi pelestari alam, karena kita generasi muda yang mewarisi keberlangsungan lingkungan hidup. Harapannya memang kita akan memiliki kemampuan dari hulu ke hilir, tetapi untuk sementara waktu kami diberikan materi untuk menyerap pengetahuan konservasi alam.

Untuk ulasan lebih lengkap dapat disaksikan di tayangan video berikut :

Simak Keseruan Selama di Karantina with Fakhri dan Fitri

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sorotan Publik

To Top