Menu

Mode Gelap

News · 23 Jul 2020 16:00 WIB ·

Situ Rawa Gede, Destinasi Wisata Alam di Ketinggian 980 Mdpl

jurnaldesa/Foto:Taufiq (Situ Rawa Gede sangat indah untuk dikunjungi. Pemandangannya menakjubkan dan masih alami, hawanya sangat segar dan dingin karena dipenuhi kabut)

Jurnaldesa.id | BogorKabupaten Bogor banyak menyimpan kekayaan destinasi wisata yang pemanfaatannya bersumber dari potensi alam. Salah satunya danau yang berada di pegunungan pada ketinggian 980 meter diatas permukaan laut (mdpl), yang dalam bahasa Sunda disebut dengan “Situ”, yaitu Situ Rawa Gede.

Secara administratif Situ Rawa Gede terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika ditarik garis lurus di peta dari Ibu Kota Jakarta, jaraknya sekitar 50 Km. Dengan jarak tempuh menggunakan roda empat sekitar 3,5-4 jam. Kondisi jalan dikawasan ini sudah beraspal.

Hanya saja 3 Km sebelum lokasi destinasi, akses jalan hanya cukup untuk 1 kendaraan roda empat. Jika kebetulan berpapasan dengan mobil lain, tinggal mencari bahu jalan yang sedikit lebar, namun tetap hati-hati. Akses masuk kedua jalannya lebih lebar, muat dua mobil. Namun 1 Km sebelum lokasi kondisinya sama, cukup 1 mobil.

Menurut pengelola, tahun 2021 akan ada pelebaran jalan. “Sudah dianggarkan 1 milyar untuk pelebaran jalan di pertigaan akses pertama dan kedua. Tapi yang akan dibangun akses kedua sampai pertigaan itu. Sedangkan dari pertigaan ke atas sini masih cukup untuk dua mobil,” pungkas Agus Salim, ketua pengelola kawasan Situ Rawa Gede.

Destinasi Situ Rawa Gede cukup rekomended bagi pengunjung keluarga. Banyak spot wisata yang menarik dan aman bagi keluarga, seperti kolam renang anak-anak, sepeda air bebek-bebekan untuk mengelilingi danau, perahu naga untuk mengitari kanal buatan, kolam memancing ikan anak-anak, dan spot berfoto lainnya.

Fasilitas yang tersedia disini pun cukup beragam. Mulai dari home stay bagi keluarga yang ingin bermalam, camping ground yang ingin menginap dengan suasana alami, tower Wifi untuk jaringan komunikasi, saung-saung yang dibangun disekitaran danau, jalur track bambu dan jembatan drum diatas danau, mushala, mck, coffe atau kantin.

Tiket masuk Situ Rawa Gede relatif terjangkau. Hanya 20 ribu per orang dewasa, untuk anak-anak gratis. Tarif parkir motor 5 ribu, mobil 10 ribu. Jika bermalam di home stay per unit nya 400 ribu per malam. Kapasitas home stay yang berbentuk panggung ini bisa untuk 10 orang. Fasilitasnya tempat tidur, kamar mandi, listrik, dan lemari baju.

Sedangkan menginap di camping ground tarifnya 10 ribu per malam per orang. Jika ingin sewa tenda dome kapasitas 4-5 orang tarifnya 150 ribu per malam. Untuk voucher wifi tarifnya 10 ribu per 24 jam per orang. Destinasi Situ Rawa Gede sangat indah untuk dikunjungi. Selain pemandangannya yang indah dan masih alami karena berada di kaki gunung, juga hawanya sangat segar dan dingin karena dipenuhi kabut jika sore tiba.

Pewarta: Darmanto
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Data Desa Berbasis SDGs Desa Pandu Pembangunan Desa Tepat Sasaran

28 Maret 2022 - 09:23 WIB

Desa

400 Triliun Dana Desa Digelontorkan Sejak 2015, Ini Hasilnya

28 Maret 2022 - 08:12 WIB

Dana Desa

Cerita Pembangunan Jalan Hanya di Depan Rumah Kades dan Tokoh Desa

26 Maret 2022 - 18:03 WIB

Desa

Menyandang Desa Digital Terbaik Jawa Barat, Desa Cangkingan Terus Berinovasi

18 Maret 2022 - 18:00 WIB

Desa Digital

Satu Data Kemenkeu Guna Tingkatkan Produk dan Kualitas Pelaku UMKM

18 Maret 2022 - 17:00 WIB

UMKM

Menteri Desa PDTT: Transformasi PNPM-Mpd Ke BUM Desa Bersama Agar Asetnya Punya Kepastian Hukum

18 Maret 2022 - 08:00 WIB

Desa
Trending di Bumdes