TENTANG JURNAL DESA

Jurnaldesa.id adalah media massa siber nasional yang mencatat perkembangan, kemajuan, dan kondisi pembangunan desa, baik dalam perspektif lokal maupun nasional. Materi yang dicatat dan dipublikasikan ke ranah publik antara lain bidang ekonomi kreatif, infrastruktur, lingkungan, kesehatan, koperasi dan usaha kecil menengah, pariwisata, pendidikan, perikanan, perkebunan, pertanian, peternakan, sosial budaya, dan teknologi.

Jurnaldesa.id bersifat independen, mengedepankan kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat. Tidak berpihak kepada satu entitas, kecuali terhadap negara dan komunitas masyarakat yang fokus membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jurnaldesa.id menggunakan tiga metode dalam menyampaikan publikasinya. (1) Menyampaikan hasil pembangunan secara utuh yang manfaatnya sudah digunakan masyarakat maupun yang perlu di evaluasi karena tidak bermanfaat bagi masyarakat, (2) Menyampaikan progres pembangunan yang sudah berjalan 50-80%, (3) Menyampaikan suatu wacana yang belum masuk dalam program pembangunan.

Jurnaldesa.id menggunakan data dan keterangan secara primer yang bersumber dari penyelenggara negara dan komunitas masyarakat. Proses penyerapan datanya berbentuk observasi dan wawancara. Metodologi pengolahan datanya berupa konfirmasi dan verifikasi terhadap penyelenggara negara, komunitas masyarakat, maupun pihak lain yang terkait dalam program pembangunan.

Semoga pembangunan di Indonesia khususnya di desa-desa terus meningkat maju berdasarkan kepentingan bangsa dan kebutuhan masyarakat. Semoga “potret pembangunan desa” ini memiliki sedikit faedah tersendiri, dan menjadi perspektif lain dalam mensyiarkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Salam Jurnal Desa,

Achmad Solehudin
Pimpinan Umum