Tiongkok Kirim Vaksin Covid – 19, Desa Cibolang Balas Mengekspor Manggis

0
114

Jurnaldesa.id – Sukabumi – Desa Cibolang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan mengekspor buah manggis ke Tiongkok di tengah pandemi Covid-19 pada akhir 2020.

Ekspor Manggis dari Desa Cibolang seolah membalas ekspor vaksin Covid-19 dari Tiongkok ke Indonesia.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi mengunjungi persiapan panen manggis dan ekspor ke Tiongkok di Desa Cibolang pada hari ini, Selasa (8/12/2020).

“Saya meminta Bumdes di Desa Cibolang bisa memiliki peran dan mampu bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk.mengekspor manggis yang luar biasa ini,” kata Wamendes Budi Arie dalam kunjungannya.

Wamendes hadir atas undangan Gabungan Kelompok Tani Bina Sejahtera.

Ekspor buah manggis dilakukan oleh Gapoktan Bina Sejahtera bersama masyarakat tani Desa Cibolang, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, dan PT Manggis Elok Utama.

Wamendes Budi Arie juga mengunjungi kebun buah manggis kemudian ke rumah pengumpulan buah manggis Kelompok Tani Subur Makmur, serta rumah kemas milik PT Manggis Elok Utama.

“Nah, saya berpesan kepada ibu-ibu harus meningkatkan perannya dalam processing house manggis. Kaum perempuan harus produktif untuk meningkatkan pendapatan desa dan keluarga,” katanya.

Wamendes melihat tiap pekarangan rumah warga Cibolang ditanami minimal 5 pohon manggis.

Menurut sejumlah petani, panen tahun ini kurang optimal karena curah hujan tinggi. Namun itu justru membuat harga manggis menjadi cukup tinggi.

“Desa- desa harus menjadi lebih produktif untuk menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19” ujar Wamendes PDTT.

Pewarta : Parlin Siagian

Editor : Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here