Menu

Mode Gelap
Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)? Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes? Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal Profil Desa Paling Sangat Tertinggal di Indonesia

Artikel · 14 Jul 2020 16:00 WIB ·

Aktivitas Outbond Guna Melatih Ketangkasan Anak

jurnaldesa/Foto:Andriansyah (Menyiasati kecenderungan anak terhadap gadget, orang tua dapat mengenalkan anak-anak pada permainan ketangkasan di alam terbuka)

Jurnaldesa.id | BandungDi jaman milenial seperti sekarang ini banyak orang tua sedikit khawatir terhadap perkembangan anak dan cara bergaul anak. Hal itu disebabkan banyaknya aktifitas anak yang dihabiskan waktu bermainnya hanya dengan bermain game atau menonton tayangan internet melalui sarana gadget. Situasi ini sangat berbeda ketika orang tua masih kanak-kanak.

Untuk menyiasati kecenderungan anak terhadap penggunaan gadget tersebut, para orang tua dapat mengenalkan anak-anak pada permainan ketangkasan yang terdapat di alam terbuka (outdoor). Saat ini banyak tujuan objek wisata bagi keluarga yang di dalamnya menawarkan berbagai permainan di alam terbuka bagi anak-anak.

Salah satunya misalnya objek wisata Terminal Wisata Grafika (TWG), di Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata berbasis alam ini terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu pada ketinggian sekitar 1300an Mdpl.

Memiliki kontur alam berupa perbukitan di tengah-tengah hutan pinus, destinasi alam yang satu ini memiliki iklim yang sejuk khas daerah pegunungan. Disini pengunjung dapat menyaksikan barisan pohon pinus yang berbaris dengan rapih, sehingga berkesan suasana menjadi asri.

Objek wisata ini banyak di gemari oleh para wisatawan, selain karena suasana dan pemandangannya yang asri dan indah juga karena terdapat berbagai aktivitas outbond seperti Flying Fox, Jembatan Burma, Jembatan Tali Dua. Terlebih outbond yang disediakan bukan hanya untuk orang dewasa saja tapi juga bagi anak-anak khususnya untuk melatih ketangkasan anak.

Pengunjung TWG dapat memilih jenis outbond yang ada, dari yang Regular hingga Paket, sehingga tidak terlalu memberatkan dibiaya. Jika memilih Paket pesertanya minimal 20 orang dan pengunjung akan mencoba semua wahana outbond yang ada dengan dipandu instruktur profesional. Pengunjung juga akan mendapat fasilitas seperti air mineral dan area outbond khusus.

Untuk orang tua yang ingin memberikan suasana baru dan pengalaman yang berbeda dari rutinitas biasanya maka destinasi Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang ini sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga. Selain tersedia wisata kuliner juga tersedia penginapan bagi keluarga yang ingin bermalam, mulai dari hotel, pondok wisata, hingga camping ground.

Tips Berlibur ke Terminal Grafika Cikole

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata alam Grafika Cikole ini para wisatawan harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Salah satunya adalah jaket dan baju yang tebal serta kaus kaki. Sebab suhu di kawasan ini sangat dingin, siang hari saja suhunya bisa 20 derajat sedangkan malam harinya bisa mencapai 5 derajat celcius.

Penulis: Andriansyah
Pewarta: Parlin S.
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

25 Juli 2022 - 13:37 WIB

Desa Peliatan

Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten

22 Juli 2022 - 19:32 WIB

IDM 2021

Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes?

21 Juli 2022 - 17:43 WIB

Baksos Korem 132/Tadaluko

Akses Internet dan Jalan Aspal Belum Ada, Kurulimbu Selatan NTT Naik Status

15 Juli 2022 - 18:02 WIB

IDM Kemendes PDTT

Desa Puuk Aceh Utara Terbebas Status Desa Sangat Tertinggal

14 Juli 2022 - 19:28 WIB

Desa Puuk Aceh Tengah

Di 2021 Desa Nawipauwo Papua Memiliki 2 IDM Berbeda

13 Juli 2022 - 17:34 WIB

Data IDM
Trending di Artikel