Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Artikel · 19 Feb 2022 08:00 WIB ·

Kabupaten Nias Selatan Dominasi “Desa Sangat Tertinggal” Se-Sumatera Utara


 Ilustrasi: Destinasi Lompat Batu di Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan merupakan potensi wisata yang patut dilestarikan guna membantu perekonomian desa. (Foto: Razo Sultan) Perbesar

Ilustrasi: Destinasi Lompat Batu di Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan merupakan potensi wisata yang patut dilestarikan guna membantu perekonomian desa. (Foto: Razo Sultan)

Jurnaldesa.id | Jakarta – Tak kurang dari 301 desa di Kabupaten Nias Selatan masih ‘menyandang’ status “Desa Sangat Tertinggal”. Keterangan yang diterima Jurnaldesa.id tersebut diperoleh melalui data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 yang di rilis oleh Kementerian Desa PDTT. Kondisi itu sekaligus menjadikan Kabupaten Nias Selatan mendominasi atau sebagai kabupaten dengan jumlah Desa Sangat Tertinggal terbanyak se-Sumatera Utara.

Dari 35 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Nias Selatan, hanya 1 kecamatan yang desanya terbebas dari status Desa Sangat Tertinggal yaitu Kecamatan Luahagundre Maniamolo. Selebihnya sebanyak 34 kecamatan dipenuhi oleh desa-desa yang status dan keberadaannya masih sangat tertinggal.

Jika ditotal dari 34 kecamatan, desa yang perlu segera ditingkatkan pembangunan dan fasilitas umum lainnya sebanyak 301 desa. Yang cukup memprihatinkan, dari 34 kecamatan itu terdapat 5 kecamatan yang keseluruhan desanya masuk dalam kategori Desa Sangat Tertinggal, dan jika ditotal jumlahnya sebanyak 65 desa. Kelima kecamatan itu antara lain:

1. Kecamatan Susua (terdiri dari 18 desa)
2. Kecamatan Ulunoyo (terdiri dari 13 desa)
3. Kecamatan Lolomatua (terdiri dari 13 desa)
4. Kecamatan Umbunasi (terdiri dari 11 desa)
5. Kecamatan Boronadu (terdiri dari 10 desa)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1,602 kali

Baca Lainnya

Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia

20 November 2023 - 10:36 WIB

Desa Terdepan

3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal

19 November 2023 - 10:02 WIB

Desa Terdepan

Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal

18 November 2023 - 10:29 WIB

Desa Terdepan

Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal

17 November 2023 - 09:16 WIB

Desa Terdepan

Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

16 November 2023 - 10:18 WIB

Desa Terdepan

Pa’ Loo, Satu-satunya Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Dengan Malaysia

15 November 2023 - 10:27 WIB

Desa Terdepan
Trending di Artikel