Bumdes Adolina Jaya, Usaha Ternak Kambing Beromset Puluhan Juta

0
1328

Jurnaldesa.id | Serdang Bedagai – Desa Adolina yang terletak di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memiliki satu unit usaha yang terbilang sederhana namun berpotensi menghasilkan pendapatan yang cukup besar, yaitu usaha ternak kambing berjenis domba.

Usaha yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Adolina Jaya, pada laporan akhir tahun lalu (2018) berhasil mencatatkan pendapatannya sebesar Rp. 26.981.000 ditambah aset berupa hewan ternak kambing sejumlah 207 ekor dari modal awal sebanyak 135 ekor.

Dengan menempati areal PTPN IV, Bumdes Adolina Jaya yang berdiri pada 4 Agustus tahun 2016 mengelola usaha ternak kambing dengan menggunakan pola peranakan dengan cara bagi hasil dengan peternak. Hal itu dilakukan secara bergulir dan terbukti memiliki manfaat yang signifikan bagi warga Desa Adolina.

Seperti yang disampaikan oleh Irham Taufik selaku Ketua Bumdes, “pada tahun 2018 lalu Bumdes Adolina Jaya telah memberikan bagi hasil ternak sebanyak 15 ekor kambing kepada masyarakat. Sekarang masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki ternak kini secara bergulir telah memiliki ternak sendiri,” terangnya.

Irham menambahkan, “selain telah membuahkan bagi hasil, Bumdes Adolina Jaya telah memberikan kontribusi berupa Pendapatan Asli Desa sebesar Rp. 8.094.000, dan itu telah disalurkan oleh desa dalam kegiatan sosial bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu,” jelasnya.

Selaku Ketua Bumdes Adolina Jaya, Irham Taufik berharap jika dalam pengembangan usaha ternak kambing berjenis Domba ini Bumdes Adolina Jaya mendapat perhatian dan dukungan dari instansi terkait dalam penyediaan pakan ternak yang dikelolanya.

Pewarta: Darmanto SM.
Editor: Djali Achmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here