Menu

Mode Gelap
Akhirnya Bali Muncul Sebagai Satu-satunya Provinsi Mandiri 355 Desa Sangat Tertinggal di Kabupaten Tolikara Perlu Mendapat Perhatian 43 Dari 46 Distrik di Kabupaten Tolikara Masih Berstatus Sangat Tertinggal 1,5 Triliun Guna Tolikara Yang Lebih Baik di 2022 Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

Dinamika · 6 Jul 2021 12:00 WIB ·

Mengintip Hijaunya Gunung Lumut, Primadona Desa Limbongan Belitung


 Gunung Lumut, Desa Limbongan, Belitung Perbesar

Gunung Lumut, Desa Limbongan, Belitung

Jurnaldesa.id | Belitung – Terdengar dari namanya, mungkin Anda akan membayangkan gunung yang hijau oleh hamparan lumut. Ya, gunung yang terletak di Belitung Timur ini, memang sebuah bukit yang dipenuhi oleh beragam jenis lumut. Mulai dari yang sering Anda lihat di daerah lembap, sampai jenis lumut yang langka. Inilah contoh desa peduli lingkungan.

Gunung lumut ini terletak di Desa Limbongan Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Gunung ini kini menjadi objek wisata di daerah Belitung. Sesuai namanya, sejauh mata memandang, hamparan lumut tak lepas-lepas. Bahkan, beragam jenis lumut ini seolah seperti hamparan karpet yang digelar di permukaan tanah.

Sebab, lumut tak hanya tumbuh menutupi tanah dan bebatuan saja, tetapi juga ranting pepohonan. Hal itu disebabkan karena udara di kawasan Gunung Lumut yang memang basah dan lembap.

Geosite Gunung Lumut merupakan kawasan konservasi dengan keanekaragaman hayati yang kaya di atas batuan metasediment flysch di Formasi Kelapa Kampit. Bioma ini terdiri dari berbagai jenis lumut dan anggrek hutan hujan tropis termasuk sekitar 9 jenis lumut (Bryophytasp.), Sekitar 9 jenis anggrek (Orchidaceae), dan pasakbumi (Eurycomalongifolia).

Daerah ini juga merupakan sumber air yang penting dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Nilai kawasan sebagai sumber air bertanggung jawab atas budaya pertanian lokal di Belitong yang tidak bergantung pada musim dan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Daerah perbukitan merupakan daerah yang terisolasi satu sama lain oleh lembah dan pegunungan. Kawasan hutan hujan tropis ini memiliki kelembaban dan penguapan yang tinggi dan sedikit sinar matahari yang menembus naungan pepohonan. Kondisi tersebut memungkinkan lumut, pakis, anggrek, dan tumbuhan epifit tumbuh subur di permukaan bebatuan dan pepohonan.

Bukit itu sendiri merupakan titik tertinggi di wilayah tenggara Pulau Belitung. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di puncak Bukit Lumut.

Pengunjung bisa menjelajahi perbukitan, menikmati udara segar dan pemandangan indah di tenggara Pulau Belitong. LIN

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 461 kali

Baca Lainnya

355 Desa Sangat Tertinggal di Kabupaten Tolikara Perlu Mendapat Perhatian

3 September 2022 - 23:58 WIB

Kabupaten Tolikara

43 Dari 46 Distrik di Kabupaten Tolikara Masih Berstatus Sangat Tertinggal

2 September 2022 - 16:58 WIB

Kabupaten Tolikara

Sepenting Apa Skoring Indeks Desa Membangun (IDM)?

25 Juli 2022 - 13:37 WIB

Desa Peliatan

Beberapa Data IDM Kemendes Terdapat Yang Tidak Konsisten

22 Juli 2022 - 19:32 WIB

IDM 2021

Mengapa Baksos TNI/Polri Ke Desa Tidak Masuk Variabel Penilaian IDM Kemendes?

21 Juli 2022 - 17:43 WIB

Baksos Korem 132/Tadaluko

Peroleh 885 Juta, Desa Sungai Benuh Jambi Tetap Berstatus Desa Sangat Tertinggal

20 Juli 2022 - 05:35 WIB

Desa Sungai Buluh
Trending di Dana Desa