Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Potensi · 23 Feb 2022 08:00 WIB ·

Telaga Saat, Potensi Wisata Desa Tugu Utara yang Sejuk, Indah, Eksotik


 Keeksotisan Telaga Saat jelas terlihat karena berada di ketinggian 1.400 Mdpl, dan keberadaannya yang persis dikaki Barisan Gunung Kencana. (Foto: Jurnaldesa.id) Perbesar

Keeksotisan Telaga Saat jelas terlihat karena berada di ketinggian 1.400 Mdpl, dan keberadaannya yang persis dikaki Barisan Gunung Kencana. (Foto: Jurnaldesa.id)

Jurnaldesa.id | Bogor – Siapapun pasti sepakat dengan sejuknya kondisi alam Puncak, Bogor. Belum lagi panoramanya, Anda jelas setuju, indah bukan? Itulah satu anugerah Tuhan yang patut dijaga kelestariannya oleh kita. Agar dapat terus dirasakan manfaatnya oleh generasi mendatang maupun untuk kelestarian alam itu sendiri.

Jika kelak Anda berkesempatan untuk singgah kembali ke area Puncak, harap pastikan laju kendaraan yang Anda tumpangi diarahkan hingga daerah yang dikenal dengan sebutan Telaga Warna. Sebab dibalik area perkebunan teh itu terdapat satu destinasi wisata yang cukup menawan. Terlebih jika pada saat itu Anda sedang berkendara bersama keluarga, dapat dipastikan family time Anda akan terasa lebih berkualitas.

Destinasi wisata yang sedang diringkas ini memiliki brand “Telaga Saat Sport and Tourism”. Telaga dibalik Telaga. Terdapat “Telaga Saat” dibalik “Telaga Warna”. Demikian faktanya. Namun ada fakta lain yang lebih menyegarkan pada destinasi yang sepenuhnya dikelola oleh masyarakat sekitar secara profesional, tentunya selain iklimnya yang sejuk dan panoramanya yang indah.

Fakta tersebut yaitu keberadaannya yang cukup eksotik. Keeksotisan Telaga Saat jelas terlihat setidaknya karena dua faktor. Pertama karena berada di ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut (Mdpl). Sebuah ketinggian yang tak lazim untuk keberadaan sebuah telaga, atau, tidak banyak telaga atau danau yang berada hingga ketinggian tersebut. Faktor kedua karena keberadaannya yang persis dibawah perbukitan atau dikaki Barisan Gunung Kencana.

Belum lagi area sekitar Telaga Saat berupa hamparan hijau perkebunan teh yang luasnya hingga ratusan hektare. Jadi tidak salah jika dikatakan family time keluarga Anda akan terasa lebih berkualitas jika dihabiskan disini. Kondisi itu disebabkan karena keberadaan hutan disekitar Telaga Saat yang masih asri dan terjaga. Serta lingkungan dan vegetasi Telaga Saat yang sangat istimewa khususnya dalam memproduksi kadar oksigen segar yang sangat alami yang jarang dirasakan di kota Anda.

Situasi Menuju Telaga Saat

Untuk menuju Telaga Saat, sesampainya Anda di bagian depan Telaga Warna yang berada di sisi kiri Jalan Raya Puncak kalau dari Bogor arah Cianjur, Anda tinggal mengikuti jalanan berbatu yang lebar jalannya muat untuk 2 kendaraan pribadi. Saat berjumpa pertigaan pertama Anda ambil sisi kiri, sebab kalau belok kanan Anda akan menuju Telaga Warna.

Tapi sebelumnya Anda akan dikenakan retribusi masuk kawasan Perkebunan Teh Ciliwung saat di Pintu Telaga Warna. Biayanya sebesar 25 ribu per orang. Mungkin ini satu hal yang perlu di evaluasi oleh spot wisata Telaga Saat maupun Telaga Warna. Sebab saat tiba di pintu masuk Telaga Saat, Anda akan dikenakan lagi biaya masuk sebesar 10 ribu per orang.

Menurut pihak pengelola Telaga Saat mengapa bisa demikian dikarenakan destinasi Telaga Saat berada di dalam kawasan Perhutani. Sehingga sebelum memasuki area Telaga saat Anda harus merogoh kocek untuk membayar biaya masuk kawasan Perhutani. Tapi sisi positifnya, dengan Anda membayar 25 ribu di pintu Telaga Warna, Anda bisa leluasa menjelajah area kawasan Perhutani. Anda bisa mengunjungi berbagai spot wisata lain yang berada di dalam kawasan maupun berkeliling perkebunan teh.

Dengan jarak tempuh yang relatif pendek sekitar 1,5 km dari pintu masuk Telaga Warna hingga Telaga Saat, jika Anda pacu kendaraan dengan kecepatan 10 km/jam saja 15 menit kemudian Anda akan tiba di Telaga Saat. Tapi biasanya waktu tempuh bisa molor lebih dari 15 menit. Mengingat panorama hamparan hijau kebun teh sepanjang perjalanan sangat menggoda untuk segera diabadikan dengan berswafoto.

Setiba di destinasi yang memiliki luas 5,8 hektare itu, beragam fasilitas yang disediakan pihak pengelola telah siap menanti Anda. Khususnya spot foto selfi yang jumlahnya lumayan banyak. Mulai dari jogging track, area hammock, jembatan kayu dan tali, ayunan disisi telaga, balon udara, dan tentunya spot foto yang latarnya perkebunan teh dan bukit-bukit hutan Gunung Kencana.

Mengingat Telaga Saat itu sebuah telaga atau danau, tentunya fasilitas bermain di air untuk Anda dan keluarga sudah pasti tersedia. Misalnya bermain perahu karet, perahu kayak, canoe dengan peralatan safety berupa life jacket dan helmet, menjadi aktifitas yang wajib Anda rasakan di Telaga Saat. Selain itu terdapat juga paket trekking yang disediakan oleh pihak pengelola. Sedangkan fasilitas umum lainnya yang tersedia mulai dari MCK, kantin, mushala, saung, dan parkir kendaraan untuk roda dua dan roda empat.

Jadi gimana, ayo, tunggu apa lagi! Sebelum berangkat, segera pastikan Google Maps Anda mengarah ke destinasi wisata “Telaga Saat Puncak”. Selamat berwisata.

Pewarta/FEB | Editor/DJ

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1,956 kali

Baca Lainnya

Keelokan dan Kebersihan Desa Wisata Penglipuran Bali Diakui Dunia

28 Oktober 2023 - 15:10 WIB

Desa Penglipuran

Perjuangan Desa Wisata Kampung Dayun Siak Hingga Masuk 50 Besar ADWI

31 Mei 2022 - 17:00 WIB

Desa Wisata

Sedang Digemari, Bermain Skuter Listrik di Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung

31 Mei 2022 - 11:00 WIB

Potensi Wisata

Masyarakat Nelayan Desa Tanah Kuning Gelar Tradisi Penurunan Kapal Adat

30 Mei 2022 - 06:15 WIB

Masyarakat Nelayan

Potensi Usaha Tanaman Bonsai Desa Samong Berpeluang Sebagai Destinasi Wisata

24 Mei 2022 - 11:54 WIB

Bonsai

Bank Sampah Daun Jati Hijau Bencongan, Dari Masyarakat untuk Masyarakat

13 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Trending di Potensi