Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Dinamika · 4 Jul 2019 09:00 WIB ·

Pulau Jinato, Satu Gugusan Indah di Taka Bonerate

jurnaldesa/foto:tn.takabonerate (Pulau Jinato, Satu Gugusan Indah di Taman Nasional Taka Bonerate)

Jurnaldesa.id | Kepulauan Selayar – Jaringan data seluler sudah menjadi kebutuhan ‘primer’, dewasa ini. Khususnya bagi yang gemar berwisata alam sambil memposting berbagai aktifitasnya ke berbagai akun media sosial. Namun tidak semua destinasi wisata memiliki akses jaringan yang memadai, terlebih jika lokasi yang dikunjungi berada di pedalaman jauh dari kota.

Beruntungnya keadaan itu tidak terjadi di Pulau Jinato. Pulau yang ramah dengan penggiat media sosial ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan pulau-pulau lain disekitarnya. Yaitu jaringan data atau sinyal seluler yang cukup memadai untuk telepon, browsing internet, baik chatt, mengirim foto, hingga meng-update status di media sosial. Sepertinya Anda tak perlu khawatir mati gaya untuk update status jika berkunjung ke pulau yang mayoritas dihuni oleh suku Bugis ini.

Pulau yang secara administratif berada di Desa Jinato, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, letaknya tidak jauh dari Ibu Kota Kecamatan Taka Bonerate, jarak tempuhnya hanya 2 jam. Sedangkan dari pelabuhan Pattukambang sekitar 5 jam, atau 8 jam jika dihitung dari Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain fasilitas jaringan internet, Pulau Jinato memiliki fasilitas pendukung lain seperti pelabuhan, penyulingan air minum, dan home stay yang dikelola Masyarakat Desa Konservasi hasil binaan Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

Panorama alam Pulau Jinato usah disangsikan. Pasir pantainya yang putih memukau dan air lautnya yang bening mempesona, sangat menggoda untuk dilakukan kegiatan snorkeling. Untuk spot diving Pulau Jinato memiliki dua spot yang mengagumkan, The Rivers dan Jinato Wall Paradise. Kedua spot ini menyuguhkan keindahan terumbu karang dan ikan karang yang berwarna-warni. Sesekali penyu dan hiu kerap terlihat di dinding tebing karang.

Pulau Jinato termasuk dalam gugusan Atol Taman Nasional Taka Bonerate bagian selatan. Posisi ini menjadikan Pulau Jinato sebagai salah satu pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Wisatawan yang datang berkunjung tidak saja akan menikmati panorama alam yang masih sangat natural. Masyarakat Mitra Polhut dan kelompok Transplantasi Karang binaan Taman Nasional, telah mengembangkan wisata edukasi berupa pembelajaran tentang proses transplantasi karang yang dipandu oleh masyarakat.

Pewarta: Darmanto SM.
Editor: Djali Achmad
Referensi: Asri – PEH Penyelia Balai TN. Taka Bonerate

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 254 kali

Baca Lainnya

Menjaga Alam dan Tradisi di Desa Penglipuran Bali

28 Oktober 2023 - 16:05 WIB

Desa Penglipuran

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA

BMKG Tingkatkan Literasi Iklim Petani Kopi

20 Maret 2023 - 15:04 WIB

BMKG
Trending di Dinamika