Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Dinamika · 1 Agu 2019 10:00 WIB ·

Wisata Air Sumber Sugih Waras, Potensi Desa Dukuh yang Patut Dikembangkan

jurnaldesa/foto.istimewa (Wisata Air Sumber Sugih Waras yang terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri)

Jurnaldesa.id | Kediri – Kabupaten Kediri memiliki luas wilayah 1.386,05 Km2 atau 138.605 hektar. Diantara luas wilayah tersebut terdapat beberapa tempat wisata alam salah satunya adalah yang memiliki udara sejuk dengan dipenuhi pohon rindang yatu Wisata Air Sumber Sugih Waras, yang terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih.

Tempat wisata yang berada di sisi jalan raya atau tepatnya di Jalan Thamrin, Krajan, Kecamatan Ngadiluwih ini posisinya bersebelahan dengan Kantor Desa Dukuh. Wisata Air Sumber Sugih Waras cukup rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga, sebab lokasinya sangat cocok untuk segala usia.

Sumber Sugih Waras dibuka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Harga tiket masuk yang ditawarkan relatif murah, sekitar Rp 5.000 per orang dan gratis untuk anak balita. Di destinasi ini tersedia fasilitas parkir yang cukup luas, dengan biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraa roda dua.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola adalah kegiatan Outbond seperti flying fox dan berenang di kolam dengan air yang sangat jernih yang berasal dari sumber mata air. Sedangkan fasilitas lain yang tersedia adalah mushala, kamar mandi, kedai makanan atau cafetaria, pondokan atau gazebo disekitaran kolam renang untuk beristirahat, dan lapangan utama untuk penyelenggaraan acara.

Rudianto, salah seorang pengunjung Wisata Air Sugih Waras mengatakan, “terdapat mitos yang saya dengar tentang tempat ini, katanya kalau ada orang yang sakit apapun dan berendam di kolam ini pada waktu malam hari, dalam beberapa waktu sakitnya bisa sembuh, makanya objek ini disebut air sumber sugih waras”.

Keberadaan sumber mata air ini berawal dari sekelompok masyarakat peduli lingkungan desa setempat dalam upayanya untuk meningkatkan potensi sumber mata air. Hingga akhirnya paguyuban masyarakat peduli lingkungan tersebut dikukuhkan sebagai Kelompok Sadar Wisata Sugih Waras oleh Kepala Desa Dukuh. Hal ini diharapkan dapat menambah pemasukan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pewarta: Darmanto
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3,063 kali

Baca Lainnya

Menjaga Alam dan Tradisi di Desa Penglipuran Bali

28 Oktober 2023 - 16:05 WIB

Desa Penglipuran

Musrenbangdes RKP 2024 Desa Ambengan Bali Fokus Pada Kesehatan

10 Oktober 2023 - 08:10 WIB

Desa Ambengan

Program Electrifying Agriculture PLN Tekan Biaya Operasional Petani Bawang Hingga 75 Persen

28 April 2023 - 16:09 WIB

PLN

Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Nelayan NTT

28 April 2023 - 12:28 WIB

PLN

Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

13 April 2023 - 17:08 WIB

BCA

BMKG Tingkatkan Literasi Iklim Petani Kopi

20 Maret 2023 - 15:04 WIB

BMKG
Trending di Dinamika