Menu

Mode Gelap
Status IDM 3 Desa Perbatasan Kecamatan Sei Menggaris Dengan Malaysia 3 Dari 5 Desa Perbatasan Kecamatan Tulin Onsoi Dengan Malaysia Masih Tertinggal Limpakon, Desa Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Dengan Malaysia Masih Tertinggal Status 6 Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Pansiangan Masih Tertinggal Seluruh Desa Perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu Berstatus Desa Tertinggal

Aspirasi · 19 Jan 2021 16:00 WIB ·

UMKM Mawar Berkah Menghasilkan Tembikar Berkualitas


 UMKM Mawar Berkah Menghasilkan Tembikar Berkualitas Perbesar

Jurnaldesa.id | Pandeglang – Usaha kerajinan tangan memiliki potensi yang bagus di pasaran. Sebagai sebuah bentuk usaha, melibatkan pengrajin yang cukup signifikan. Salah satu kerajinan tangan yang hendak diulas adalah UMKM Mawar Berkah Kampung Pasir Angin, Pandeglang, Banten.

“Kita melibatkan kelompok ibu – ibu rumah tangga dalam proses pengerjaan tembikar. Adapula pengrajin laki – lakinya, tetapi biasanya mengerjakan pekerjaan yang lebih berat. Bahan baku bambu, kami dapatkan dari luar Kampung Pasir Angin, karena jenis bambunya memang berbeda dengan bambu yang ada di kampung kita,” ucap Sutrisno, Koordinator UMKM Mawar Berkah, Kampung Pasir Angin, Pandeglang, Banten.

Ia menuturkan, dikampung sendiri memang banyak terdapat bambu, tetapi yang dibutuhkan pengrajin berbeda. Di kampung kita jenis bambunya berkadar air tinggi, sementara yang dibutuhkan pengrajin adalah jenis bambu yang berkadar air rendah. Itu sebabnya, kami banyak mengambil bambu dari luar kampung sebagai bahan baku kerajinan tangan Tembikar berkualitas.

“Kelompok kerajinan yang kita bentuk itu bergerak dari hulu ke hilir, dimulai dari proses produksi bahan baku hingga menjadi produk jadi. Kelompok kita juga sekaligus menjadi pengepul dari tembikar yang kita buat sendiri, sehingga ketika melakukan penjualan, prosesnya dimulai dari kelompok kita sendiri dan hasilnya juga berbagi di kelompok Mawar Berkah,” ujar Sutrisno.

Ia berkisah, sejak berdirinya pada tahun 2015 kita mengerjakan kerajinan tembikar ini. Aslinya para pengrajin sudah mengerjakannya sejak turun temurun di keluarga masing – masing. Untuk mengoptimalkan hasil yang kita dapatkan, maka kita membentuk kelompok UMKM Mawar Berkah. Kemudian permodalan pun sedikit banyak kita dibantu oleh Pemerintah, dan didukung oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Untuk ulasan lebih lanjut dapat disaksikan di tayangan berikut :

UMKM Usaha Bersama Mawar Berkah, Kampung Pasir Angin, Pager Batu, Pandeglang. Kampungnya Para Pengrajin Tembikar berkualitas.

Pewarta : FEB
Editor : LIN

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya

Musrembangdes 2022 Desa Gubugsari Kendal Berlangsung Khidmat

27 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Desa Gubugsari

Warga Harap Perbaikan Jalan di Desa Wayau Cepat Rampung

31 Mei 2022 - 11:45 WIB

Infrastruktur Jalan

Film Perjuangan Kemerdekaan yang Bikin Bangga dan Wajib Tonton

30 Agustus 2021 - 17:00 WIB

Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Heru Bakmal, dari Modal 3 Juta Hingga Omzet Puluhan Juta

26 Januari 2021 - 16:00 WIB

Jejak Sang Petualang, UMKM Rental Peralatan Gunung

12 Januari 2021 - 16:00 WIB

Inspirasi Usaha Dimasa Pandemi

5 Januari 2021 - 16:00 WIB

Trending di Aspirasi